Sebelum Ringkus Edhy Prabowo, Novel Baswedan Juga Sukses Tangkap Sejumlah Buronan KPK

Novel Baswedan
Novel Baswedan. (Tribunnews.com)

Terkini.id, Jakarta – Indonesia Corruption Watch (ICW) mengapresiasi keberhasilan tim satgas KPK yang dipimpin Novel Baswedan lantaran sukses meringkus Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo, terkait dugaan korupsi ekspor benih lobster.

Peneliti ICW Kurnia Ramadhana mengatakan, dalam satu tahun belakangan ini tim satgas KPK di bawah kepemimpinan Novel Baswedan tak hanya berhasil menangkap Edhy Prabowo, melainkan juga sukses meringkus sejumlah buronan kakap KPK.

Buronan tersebut, kata Kurnia, seperti Mantan Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi, Rezky Herbiyono dan juga Direktur PT MIT Hiendra Soejonto.

“Beberapa kasus ke belakang yang berhasil meringkus buronan atau pun elite dari eksekutif itu merupakan Penyidik yang berhasil meringkus Nurhadi dan Rezky Herbiyono,” kata Kurnia, Rabu 25 November 2020 seperti dikutip dari Viva.co.id.

Oleh karenanya, ia menilai tim satgas yang meringkus Edhy Prabowo seharusnya juga ditugaskan untuk memburu Harun Masiku.

Menarik untuk Anda:

Diketahui, Harun Masiku merupakan tersangka kasus suap pengurusan pergantian antarwaktu anggota DPR yang hingga kini masih buron.

“Ke depan harus ada evaluasi dari pimpinan terhadap Deputi Penindakan dan Deputi Penindakan ke penyidik-penyidik lain contohnya dalam kasus Harun Masiku yang sudah sejak awal ICW mendesak agar tim itu dibubarkan diganti dengan tim yang punya track record baik sepanjang 2020 ini,” ujar Kurnia.

Pasalnya, kata Kurnia, tim yang ditugaskan KPK untuk memburu buronan Harun Masiku hingga saat ini belum berkinerja baik.

“Evaluasi itu yang harus dilakukan. Baik evaluasi pimpinan ke deputi atau deputi ke satgas-satgas yang selama ini kita nilai selama ini kita nilai tidak cukup mendeteksi pelaku kejahatan dalam hal ini satgas kasus Harun Masiku,” ujarnya.

Sebelumnya, tim satgas KPK dipimpin Novel Baswedan menangkap Menteri Kelautan dan Perikanan (KPK) Edhy Prabowo pada Rabu dini hari, 25 November 2020 di Bandara Soekarno Hatta.

Selain Edhy Prabowo, KPK juga menangkap sejumlah orang termasuk istri Menteri Kelautan dan Perikanan tersebut.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Warga Sulbar Diguncang Gempa, Fahri Hamzah Minta Mensos Risma Segera Turun Tangan

Habib Ali Assegaf Wafat, Rizieq Shihab: Beliau Berikan Secarik Kertas yang Harus Saya Amalkan

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar