Sehari Jelang Pengumuman Menteri, 2 Partai Ini Belum Dipanggil Jokowi

Menteri
Presiden Jokowi. (Foto: JPNN)

Terkini.id, Jakarta – Rabu besok, 23 Oktober 2019, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan nama-nama menteri kabinet 2019-2024.

Namun, sehari menjelang pengumuman tersebut, Jokowi belum memanggil perwakilan dua partai yakni PAN dan Demokrat.

Menurut Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, perkenalan menteri digelar pada Rabu besok, sekitar pukul 08.00 WIB.

“Besok dilakukan perkenalan jam 08.00 WIB dan dilanjutkan pelantikan jam 10.00 WIB,” kata Heru, seperti dilansir dari Detik, Selasa, 22 Oktober 2019.

Diketahui, hingga Selasa sore hari ini, Jokowi telah memanggil 31 orang ke Istana Negara. Dari 31 orang tersebut, 1 orang yakni Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Tetty Paruntu batal jadi calon menteri.

Sementara, 1 orang lainnya telah ditunjuk sebagai Juru Bicara (Jubir) Presiden yakni Fadjroel Rachman.

Dari perwakilan partai politik, Jokowi merangkul partai yang merupakan rivalnya dalam Pilpres 2019 yakni Gerindra. Presiden menyiapkan dua kursi menteri untuk diberikan kepada Gerindra.

Sementara Demokrat dan PAN yang juga merupakan partai oposisi Jokowi di Pilpres hingga Selasa hari ini, pukul 16.00 WIB, belum juga dipanggil.

“Nggak ada. Sampai sekarang nggak ada. Nggak ada (dipanggil Jokowi). Tapi kita sekali lagi itu hak prerogatif Pak Jokowi lah. Kita tidak juga mengajukan nama, tidak lobi-lobi khusus, tidak,” kata Ketua DPP PAN Yandri Susanto.

Berita Terkait