Sejumlah Saudagar dari Mancanegara Dipastikan Hadir di PSBM XIX

Ketua Panitia PSBM

Terkini.id,Makassar – Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) XIX yang rencananya dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla pada 15 Juni 2019 mendatang bakal berlangsung di Wisma Negara, Makassar.

Sejumlah saudagar-saudagar Bugis Makassar, Mandar dan Toraja dari luar negeri bakal hadir dalam pertemuan tersebut.

Menurut Ketua PSBM XIX Dr. Abdul Hayat Gani, sejumlah saudagar peserta dari mancanegara memastikan hadir dalam pertemuan yang sudah jadi tradisi ini.

“Panitia sudah mengkonfirmasi dikabarkan  saudagar dari Afrika Selatan, Malaysia, perwakilan Eropa, dan Australia akan turut  meramaikan acara ini,” tuturnya.

Sementara itu, lanjut Dia menyampaikan bahwa sebagian saudagar hingga kini masih berada di kampungnya masing-masing karena menunggu hingga perhelatan digelar pada paruh Juni ini.

“Kendati sebagian lagi telah balik ke daerah rantauan, tapi mereka memastikan akan balik kembali ke Kota Makassar guna menghadiri PSBM ini,” tuturnya.

Beberapa saudagar yang dihubungi akan membawa rombongan saudagar-saudagar hingga 10-20 orang.

Abdul Hayat Gani sendiri menjamin kesuksesan penyelenggaraan PSBM  XIX.

“Persiapan seremoni PSBM sudah mantap. Kita siap menyajikan layanan terbaik kepada saudagar,” ujar Hayat yang juga Sekretaris Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Menurutnya, koordinasi kepanitiaan lokal di Makassar dengan KKSS Jakarta terus dilakukan dari waktu ke waktu menjelang hari H.

Akan halnya, koordinator PSBM XIX BPP KKSS, A. Karim, mengatakan KKSS kali ini menjadi suporting acara.

“PSBM XIX terasa isitimewa karena Pak JK menjabat pada masa-masa terakhir sebagai wakil presiden,” ungkap Karim.

Untuk menampung para peserta dari berbagai daerah dan luar negeri, disiapkan dua hotel, yaitu hotel yang berada di Jalan Sultan Hasanuddin dan Hotel Arthama, yang terletak di Jalan Haji Bau. Hotel Arthama adalah milik Jaenal Mappe, saudagar Bugis Sengkang dari Gorontalo, yang juga akan hadir di hajatan ini.

“Kami membawa rombongan saudagar dari Gorontalo,” kata Maple.

Selain itu, rombongan dari KKSS Kalimantan Timur sudah pada balik ke Samarinda dan Balikpapan.

“Tapi sebagian akan datang lagi ke PSBM,” kata Imran Duse, saudagar tambang dari Samarinda.

Berita Terkait