Simulasi Pemilu: Massa Bersitegang dengan Aparat Polrestabes Makassar

Terkini.id, Makassar – Aksi bersitegang dan ricuh terjadi di tengah-tengah pengamanan Pemilu 2019. Massa terlihak mengamuk dan bentrok dengan aparat, Sabtu 23 Maret 2019.

Peristiwa itu tersaji dalam simulasi jelang pelaksanaan Pemilu 2019, yang digelar Kepolisian Resor Kota Besar Makassar.

Massar ricuh dengan aparat. (polrestabesmakassar.com)

Simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) tersebut bertempat di halaman parkir Trans Studio Makassar Jalan Metro Tanjung Bunga Kecamatan Tamalate Kota Makassar, Sabtu 23 Maret 2019.

Baca Juga: Viral Aksi Pemuda Massa Demonstran Acungkan Jari Tengah ke Polisi

Kapolrestabes Makassar Kombes Pol. Wahyu Dwi Ariwibowo, SIK mengatakan pihaknya melaksanakan kegiatan pelatihan sispamkota dalam perangkat rangkaian kegiatan kesiapan kita menjelang Pileg dan Pilpres yang rangkaiannya sudah kita laksanakan mulai tahun 2018 akhir sampai dengan hari ini dan besok sudah melaksanakan tahapan kampanye secara terbuka.

Massar ricuh dengan aparat. (polrestabesmakassar.com)

“Tentunya dalam sispamkota yang kita lakukan hari ini adalah untuk mempersiapkan sinergitas antara TNI- Polri yang bersama-sama nantinya untuk bisa mengamankan pelaksanaan Pileg maupun Pilpres berjalan dengan aman tertib damai dan sejuk di Kota Makassar,” tutur Kapolrestabes Makassar.

Baca Juga: Jalan Ditutup Massa Demonstran, Pengendara Mobil Ini Acungkan Senjata Tajam

Sementara itu, dalam simulasi pengamanan tersebut personil gabungan yang terlibat baik personil Polrestabes Makassar, Kodim 1408 BS/Makassar dan Brimob Polda Sulsel digambarkan adanya aksi demonstrasi atau unjuk rasa yang dilakukan oleh sekelompok massa dalam tahap pencoblosan, pergeseran hasil pungutan suara dari TPS ke PPK serta tahapan rekapitulasi hasil keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Bahkan sempat terjadi ketegangan antara massa dengan aparat Kepolisian yang berjaga di depan Kantor KPU.
Massa yang semakin beringas membuat petugas terpaksa melakukan tindak tegas dan terarah, dengan menyiram air ke arah massa.

Hadir dalam acara tersebut Dandimtabes 1408/BS Makassar Kolonel Inf Andriyanto, SE, Wakapolrestabes Makassar AKBP Adhi Purboyo, SIK, Para Pejabat Utama Polrestabes Makassar dan Kapolsek Jajaran serta Danramil Kota Makassar.

Bagikan