Singgung Jokowi Soal Kedatangan WNA China, Haji Lulung: Ini Mainan Siapa Kok Mereka Mudah Masuk

Terkini.id, Jakarta – Anggota DPR RI, Abraham Lungggana yang akrab disapa Haji Lulung mengomentari soal kedatangan ratusan Warga Negara Asing (WNA) asal China di Indonesia. Ia pun menanyakan apakah kedatangan mereka tersebut telah diketahui Presiden Jokowi atau tidak.

Haji Lulung mengaku heran lantaran di saat lonjakan kasus Covid-19 semakin tak terkendali, Pemerintahan Jokowi malah terkesan main-main karena membiarkan 153 WNA China tersebut masuk ke RI.

Semetara di sisi lain, menurut Haji Lulung, perusahaan dalam negeri tengah sekarat dengan mengurangi karyawan hingga 50 persen.

Baca Juga: Ucapan Lamanya Diungkit, Ruhut Termakan Omongan Sendiri soal Pembenci Jokowi...

Tak cuma itu, Lulung juga menyebut bahwa topik mengenai TKA ini menjadi sorotan yang ramai diperbincangkan publik.

“Ini urusan tenaga kerja asing sebenarnya mainan siapa sih? Kok mereka bisa masuk dengan mudah. Apakah ini Pak Jokowi tidak tahu?,” ujar Haji Lulung, Rabu 27 Januari 2021 seperti dikutip dari Hops.id.

Baca Juga: Jokowi Tak Kunjung Beri PAN Jatah Kursi Kabinet, Zulhas: Terserah...

Selain Haji Lulung, kedatangan ratusan WNA China tersebut juga menuai komentar dari Anggota Komisi IX DPR Fraksi PDIP Nabil Haroen.

Nabil meminta kepada pemerintah agar bersikap tegas terkait dengan kebijakan pembatasan WNA dan juga PPKM.

“Pemerintah harus tegas terkait dengan kebijakan pembatasan WNA dan PPKM,” ujar Nabil Haroen, Selasa 26 Januari 2021 seperti dilansir dari MNC Portal Indonesia.

Baca Juga: Jokowi Tak Kunjung Beri PAN Jatah Kursi Kabinet, Zulhas: Terserah...

Berdasarkan penelusuran pihaknya, 153 WNA asal China tersebut ternyata telah mengantongi izin dari pihak imigrasi (izin masuk) berdasarkan ketentuan khusus Surat Edaran Dirjen Imigrasi.

“Bahwa, 153 Warga Negara Asing asal China terdiri dari 150 orang dengan izin tinggal terbatas (Itas) dan izin tinggal tetap (Itap), serta 3 orang pemegang visa diplomatik. Jadi, jelas itu dalam koordinasi dan tidak melanggar hukum,” ungkap Nabil.

Diketahui, pada Sabtu 23 Januari 2021 lalu sebanyak 153 WNA China telah masuk ke Indonesia lewat Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Kedatangan WNA China tersebut cukup mengejutkan di tengah pandemi. Apalagi mereka hadir di tengah-tengah masa perpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 8 Februari 2021 mendatang.

Bagikan