SIT Ar-Rahmah dan IZI Perwakilan Sulsel Peduli Korban Banjir Soppeng

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan

Terkini.id, Soppeng –Tim Tanggap Bencana IZI Sulawesi Selatan bekerjasama dengan Sekolah Islam Terpadu (SIT) Ar-Rahmah menyalurkan paket sembako kepada masyarakat Kabupaten Soppeng yang terdampak Banjir pada hari Rabu, 15 Januari 2020.

Banjir yang terjadi pada 11 Januari 2020 tersebut masih menyisakan puing-puing sampah dan kotoran di sekitar tempat tinggal warga Kelurahan Attang Salo dan Kelurahan Kaca, Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng. Sebanyak 191 KK di Kelurahan Kaca dan 2013 KK di Kelurahan Attang Salo merasakan banjir kiriman dan hingga kini masih merasakan serpihan sampah dari banjir.

Berdasarkan informasi dari pemerintah setempat, banjir ini merupakan banjir kiriman dari Kabupaten Barru. “Iya, banjir ini merupakan kiriman air dari Barru dan juga merupakan banjir terparah sepanjang 20 tahun terakhir ini,” tutur Sudharmono, Lurah Kaca, Kecamatan Marioriawa.

Ditinjau dari bekas ketinggian air di dinding rumah warga dan juga berdasarkan pengakuan masyarakat setempat, ketinggian air di Kelurahan Kaca mencapai 1 meter, sementara ketianggian air di Kelurahan Attang Salo mencapai 2 meter.

Banjir kiriman dengan arus yang cukup deras ini juga menyebabkan 3 rumah warga dari 2 kelurahan tersebut terseret arus hingga sejauh 20 meter. Irwan merupakan salah satu warga yang rumahnya terseret arus banjir sejauh 20 meter. “Rumah saya ini kurang kuat, jadi waktu banjir setinggi 2 meter dengan arus deras datang, rumah saya langsung ikut terdorong. Untungnya ada pohon besar yang membuat rumah saya tersangkut,” jelas Irwan.

Selain itu, beberapa fasilitas umum, di antaranya 1 Masjid, 2 bangunan SD dan 1 TK, 1 Pondok Bidan, 1 Posyandu, termasuk Kantor Kelurahan Kaca juga ikut terendam banjir.

Citizen Reporter: Arwin Darwis

Komentar

Rekomendasi

Sebanyak 453 Peserta Ikuti Seleksi Tingkat Nasional PRISMA ’20 Unismuh Makassar

Gakkum KLHK Tangkap Pelaku Perusakan Hutan Lindung Sei Hulu Lanjai

Peduli Penghijauan Pantai, Polri Gelar Tanam Mangrove dan Tebar Benih Ikan

Presiden Jokowi Serahkan SK Perhutanan Sosial dan Hutan Adat untuk Rakyat Riau

TN Baluran ‘Africa Van Java’ di Ujung Pulau Jawa

KLHK: Indonesia Memasuki Era Baru Pengelolaan Sampah

Rapat Ortu dan Guru SMPN 14 Makassar, Ini yang Dibahas

Telah Hadir di Makassar, KAF Makassar Gelar Kajian Parenting

Eksotisme Pohon Bu’ne yang Semakin Langka

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar