Soal Kasus Kerumunan Konser Musik, Dewan: Harusnya Pemkot Tak Keluarkan Izin

Terkini.id, Makassar – Kasus kerumunan penonton acara konser musik di Celebes Convention Center (CCC), Jalan Metro Tanjung Bunga terus bergulir. 

Polisi telah memeriksa 33 saksi ihwal kehadiran ribuan penonton yang dibubarkan Satpol PP Makassar dan pihak kepolisian. Kasus tersebut masuk tahap penyidikan.

Anggota Komisi D Bidang Kesejahteraan Rakyat DPRD Kota Makassar Saharuddin Said menilai jika memang berpotensi menyebarkan Covid-19, seharusnya dari awal pemerintah kota tak mengeluarkan izin.

Baca Juga: Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo Buka Festival Daengta Ri Lakkang

“Kalau memang tidak bisa jangan dikasih izin. Konser ini tidak bisa dia berjauh-jauhan. Jadi yang mengakibatkan terkena covid-19 dia juga harus dipidanakan,” kata Ajid, sapaannya, Jumat, 11 Februari 2022.

Di sisi lain, Ajid mengatakan bila penyelenggara acara terbukti melanggar aturan karantina, maka pihak besangkutan harus diberi sanksi. Namun, bukan mengarah pada pidana. 

Baca Juga: SD Inpres Mallengkeri I Disegel, DPRD Makassar: Kami Akan Panggil...

Menurutnya, mereka adalah muda yang ingin berkontribusi dalam membangun ekonomi di Kota Makassar.

“Kalau mereka melanggar beri saja sanksi, tapi mereka itu anak muda, ini jadi insiden buruk, orang takut berkegiatan. Kalau itu jadi hal yang kena UU pidana maka yang lain (yang sebabkan) juga harus kena pidana,” terangnya.

Ia pun meminta pemerintah harus mempersiapkan kemungkinan terburuk sebelum mengeluarkan izin kerumunan.

Baca Juga: SD Inpres Mallengkeri I Disegel, DPRD Makassar: Kami Akan Panggil...

“Ini kan lagian sudah lama kita tidak begini, jadi kita harus siap dengan segala-galanya,” tutupnya.

Sebelumnya, Satpol PP membubarkan paksa penonton dan menghentikan festival musik pada Sabtu malam, 5 Februari 2022 lalu.

Sebanyak 7.000 penonton berdesakan tanpa ada jarak. Sebagaian penonton juga ada yang tidak memakai masker.

“Ribuan penonton sudah nyaris tidak ada jarak, berdesak-desakan sebagian juga ada yang tidak menggunakan masker,” ujar Kepala Satpol PP Makassar, Iqbal Asnan.

Bagikan