Sosialisasi Upah Minimim, Disnaker Makassar: Ada Hitung-Hitungannya

Bimbingan Teknis Skala Upah angkatan II di Hotel Horison Ultima, Jalan Jendral Sudirman, Makassar, Selasa, 16 Juli 2019.

Terkini.id,Makassar – Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar Mario Said mengemukakan, saat ini, pihaknya tengah melakukan pembinaan terhadap perhitungan skala upah minimum di Kota Makassar.

Hal itu ia sampaikan saat menggelar Bimbingan Teknis Skala Upah angkatan II di Hotel Horison Ultima, Jalan Jendral Sudirman, Makassar, Selasa, 16 Juli 2019.

“Kita selaku pembina melakukan pembinaan, salah satunya, yaitu dengan memberikan penjelasan. Pengawasannya ada di provinsi,” kata dia saat dimintai keterangan.

Menurut Mario, Skala upah menjadi penting lantaran Upah Minimum Kota (UMK) bagi pekerja memiliki batas waktu.

“Para pekerja harus diperlakukan skala upah. Skala upah itu ada hitung-hitungannya,” ungkapnya.

Mario menambahkan bahwa perhitungan UMK  berdasarkan dengan inflasi nasional dan pertumbuhan ekonomi secara nasional. Selain itu, juga melalui survei lapangan.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Sosial Pemerintah Kota Makkasar, Andi Irwan Bangsawan mengatakan bahwa UMK yang ditetapkan Kota Makassar untuk saat ini sebesar 2,9 Juta.

“Sekarang saatnya kita memberikan sosialisasi tentang struktur skala upah. Struktur skala upah itu sangat penting karena itu bisa membedakan antara kemampuan mulai dari tingkat pendidikan, tingkat lamanya dia bekerja,” ungkapnya.

Ia menyatakan hak dari setiap pekerja itu berbeda-beda. Kalau yang lebih lama, kata Irwan, tentunya lebih tinggi insentifnya.

Saat ditanya perihal sanksi bagi lembaga yang tak menerapkan UMK di Kota Makasaar, ia mengatakan bahwa yang bertugas memberi sangksi ialah provinsi.

“Sanksi ini memang kewenangan provinsi, tetapi pertama, kita lakukan pembinaan. Kedua, kita  nantinya bagaimana memberi teguran. Kalau perlu pembekuan perusahaan,” ungkapnya.

Ia pun meyakini dalam waktu dekat akan ada peningkatan UMK di Kota Makassar. Kendati laju ekonomi melambat namun pertumbuhan ekonomi di Kota Makassar tetap stabil.

“Saya yakin naik pasti,” ungkapnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini