Masuk

Syahganda Nainggolan Duga Habib Rizieq Bebas karena Bantuan Amerika, Warganet: Antek Mamarika

Komentar

Terkini.id, JakartaSyahganda Nainggolan turut menanggapi kebebasan Habib Rizieq. Ia menduga ada dua hal faktor penyebabnya, salah satunya diduga karena bantuan Amerika. Dalam hal itu, warganet yang mengetahui, sebut Rizieq antek mamarika, Sabtu 23 Juli 2022

Ketua Lembaga Kajian Publik Sabang Merauke Circle (SMC), Syahganda Nainggolan menanggapi kebijakan pemerintah menyatakan status Habib Rizieq Shihab (HRS) bebas bersyarat, usai ditahan sejak Desember 2020.

Terkait hal itu, Ia menduga ada dua hal membuat pemerintah mengambil kebijakan itu. Dugaan pertama, penyelenggaraan KTT G20, bakal digelar di Indonesia dan akan dihadiri para pemimpin dunia.

Baca Juga: Habib Rizieq Sebut Panitia Reuni 212 Diancam dan Difitnah

Baginya, pemerintah tentu tidak mau ada dugaan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di Indonesia, di tengah penyelenggaraan KTT G20.

Dugaan Kedua, dinilai lantaran ada tekanan dari Amerika Serikat. Syahganda kemudian memaparkan alasan untuk memperkuat argumentasinya dengan mengatakan Kementerian Luar Negeri AS sebelumnya sudah mengeluarkan rilis tentang HAM, dilansir dari jpnn.com.

“Khususnya bantuan dari Amerika dan barat serta lembagai multi lateral sangat terkait dengan urusan HAM,” jelasnya Syahganda dilansir dari tribunnews.com.

Baca Juga: Soal Istilah, Habib Rizieq Minta Pelacur Jangan Dikasih Julukan yang Bagus

Ia menyampaikan pandangannya pada diskusi webinar bertema ‘Pembebasan HRS dan Masa Depan Keadilan Indonesia’ diselenggarakan Narasi Institut di Jakarta, Jumat 22 Juli 2022.

Diketahui, webinar kali ini juga menghadirkan pembicara guru besar IPB Prof Dr Didin S Damanhuri, pengamat ekonomi M Fadhil Hasan, Fahri Hamzah, serta pengacara HRS, Azis Yanuar.

“Saya menduga HRS dikeluarkan guna merespons rilis Kementerian Luar Negeri AS atas persoalan HAM,” sebutnya.

Syahganda kemudian meminta agar Presiden Jokowi melakukan rekonsiliasi nasional dengan rangka bahu-membahu membangun Indonesia di tengah situasi krisis kali ini.

Baca Juga: Habib Rizieq Sebut Akan Bawa Kasus KM 50 ke Forum Luar Negeri

Selain itu, warganet yang mengetahui hal tersebut, menyebut “Wadaww jadi rizieq antek mamarika dong,” tulis Mahasiswi Genz @mahasiswigenz dalam cuitannya.

Sumber Foto: Cuplikan Cuitan Warganet Soal Pendapat Syahganda Nainggolan ke Habib Rizieq