Terapkan Protokol Kesehatan, Pelindo IV Gelar Pendidikan dan Pelatihan BST dan SKK Bagi Nelayan

Terkini.id, Makassar– Dalam rangka meningkatkan keterampilan dan mengurangi risiko kecelakaan di laut, PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) bekerja sama dengan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar menggelar pendidikan dan pelatihan BST (Basic Safety Training) dan SKK atau Surat Keterangan Kecakapan 60 Mil bagi nelayan dan awak kapal ikan.

Selama enam hari, para nelayan dan awak kapal ikan tersebut akan diberikan pendidikan dan pelatihan secara gratis, mulai Senin hingga Sabtu, 23 hingga 28 Agustus 2021 mendatang, di Kampus II PIP Makassar Jalan Salodong, Untia, Biringkanaya, Makassar.  

Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis PT Pelindo IV, I M. Herdianta mengatakan pihaknya berharap agar kegiatan ini bisa kontinyu dilakukan, apakah enam bulan sekali atau setahun sekali.

Baca Juga: Siswa SMP Islam Athirah 1 Makassar Antusias Ikuti PTM Terbatas...

“Semoga kegiatan ini akan berlanjut terus ke depannya,” katanya.  

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan PT Pelindo IV, Dwi Rahmad Toto mengatakan, pendidikan dan pelatihan tersebut sebagai bentuk perhatian pihaknya kepada nelayan dan awak kapal ikan yang berada di lingkungan kerja Pelindo IV.

Baca Juga: Luhut Kirim Tim Cek Klub Malam: Ada yang Buka Sampai...

“Selama mengikuti pendidikan, seluruh peserta akan diasramakan. Semua kebutuhan makan dan minum ditanggung oleh Pelindo IV, bahkan setiap peserta juga mendapatkan uang saku sebesar Rp150.000 per hari,” kata Toto.

Dia juga menuturkan bahwa selama mengikuti pendidikan dan pelatihan, setiap peserta wajib mengikuti protokol kesehatan sesuai ketentuan yang berlaku.

Pendidikan dan pelatihan tersebut diikuti oleh 60 orang yang terdiri dari nelayan dan awak kapal ikan yang berada di wilayah Kelurahan Kaluku Bodoa, Kelurahan Buloa, Kelurahan Cambayya dan Kelurahan Tallo.  

Baca Juga: Luhut Kirim Tim Cek Klub Malam: Ada yang Buka Sampai...

Diketahui, empat kelurahan tersebut berada di wilayah kerja PT Pelindo IV. 

Bagikan