Makassar Terkini
Masuk

Tidak Pernah Mangkir, Habib Bahar bin Smith Penuhi Panggilan Polda Terkait Kasus Dugaan Ujaran

Terkini.id, Jakarta – Pada Senin, 3 Januari 2022, Habib Bahar bin Smith memenuhi panggilan Polda Jawa Barat terkait kasus ujaran kebencian.

Habib Bahar tampak mengenakan pakaian gamis berwarna putih serta kecamata hitam. Ia datang ke Markas Polda Jabar di Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung pada pukul 12.15  WIB.

Didampingi tim kuasa hukum, Habib Bahar terlihat siap menjalani pemeriksaan.

Tiba di Mapolda, Habib Bahar terlebih dahulu melakukan tes antigen di ruangan seberang gendung Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jabar.

Sebelum masuk ke gedung, Bahar sempat berbicara mengenai pemeriksaannya itu. Dia menyatakan sebagai warga Indonesia yang baik, menghadiri pemanggilan.

Ia juga mengatakan bahwa dari dulu sampai sekarang dirinya tidak pernah mangkir dari panggilan.

“Saya datang ke sini untuk memenuhi panggilan Polda Jabar dan yang perlu diketahui, saya tidak pernah mangkir dari panggilan. Dari zaman dulu sampai sekarang. Jadi kalau ada yang bilang Habib Bahar mangkir-mangkir itu hoaks. Dari sejak di Bareskrim, cybercrime, saya selalu hadir karena saya warga negara yang baik, harus kooperatif,” ucap Bahar dilansir dari Detikcom. Senin, 3 Januari 2022.

Bahar menyatakan pihaknya sudah menerima surat perintah dimulainya penyidikan (SPDP) dari Polda Jabar. Begitupun surat pemanggilan untuk pemeriksaan dirinya.

“Saya ingin menyampaikan sedikit pesan, saya menyampaikan surat SPDP dari penyidik Polda Jawa Barat, kemudian menerima surat pemanggilan, sehingga saya datang kemari sebagai kewajiban saya, sebagai warga negara saya kooperatif, saya datang atas panggilan pihak polda jabar, maka saya datang kemari,” kata dia.

Seperti diketahui, Polda Jabar menaikkan status penyelidikan ke penyidikan atas kasus ujaran kebencian yang dilakukan Bahar bin Smith.

Polisi menyebut kasus ini berkaitan dengan penyampaian Bahar dalam sebuah acara di Bandung.

Polda Jabar sudah melayangkan surat panggilan terhadap Bahar pekan lalu. Surat tersebut sudah diterima.