Tingkatkan Kedisiplinan Pegawai, Pemkab Bulukumba Wajibkan Apel

Awal tahun 2019, jajaran para Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Sekretariat Daerah (Setda) yang berkantor di Kantor Bupati Bulukumba mulai

Terkini.id, Bulukumba – Awal tahun 2019, jajaran para Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Sekretariat Daerah (Setda) yang berkantor di Kantor Bupati Bulukumba mulai diwajibkan mengikuti apel pagi dan sore.

Apel pagi dilakukan pada pukul 07.30 Wita atau sebelum melakukan pekerjaan kantor, dan Apel sore dilakukan tepat pada pukul 16.00 Wita atau selesai jam kantor.

Selain mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil, kewajiban PNS kembali melaksanakan apel ini seiring dengan pemberian Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) yang mulai diberlakukan pada tahun 2019.

Besaran nilai TPP yang diterima oleh para PNS mengacu pada dua indikator yaitu kedisiplinan dan kinerja. Olehnya itu untuk meningkatkan kedisiplinan kehadiran para pegawai, Sekretaris Daerah mewajibkan para PNS mengikuti apel pagi dan sore.

Pelaksanaan apel dimulai sejak Senin sore 14 Januari 2019,  yang dipimpin oleh Asisten Administrasi Umum A Syamsul Mulhayat. Pada kesempatan tersebut Syamsul Mulhayat menjelaskan mekanisme pelaksanaan apel, termasuk yang bertanggungjawab sebagai penerima apel.

“Jadi yang akan menerima apel adalah para kepala bagian, digilir sesuai jadwalnya. Dan yang melapor para kasubag dari masing-masing bagian,” ungkapnya.

Selain kedisiplinan pegawai, Syamsul Mulhayat juga mengingatkan para pegawai meningkatkan kinerjanya. Dirinya meminta segera melaksanakan pekerjaan berdasarkan anggaran yang tertuang dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA).

Untuk mengingatkan para pegawai mengikuti apel, Bagian Organisasi dan Tata Laksana menyiapkan bel yang dibunyikan sebagai pertanda pelaksanaan apel dimulai, baik pagi maupun sore.

Berita Terkait
Direkomendasikan
Komentar
Terkini
Bulukumba

Pemkab Bulukumba Terima SAKIP Award dengan Predikat B

Terkini.id,Bulukumba - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) melakukan penilaian terhadap Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Melalui kegiatan SAKIP Award 2018, Menteri