Makassar Terkini
Masuk

Tito Karnavian Ungkap Jokowi Akan Menerbitkan Perpres Logistik untuk Pemilu 2024

Terkini.id, Jakarta – Menteri Dalam Negri (Mendagri) Tito Karnavian menyampaikan, kalau Presiden Joko Widodo akan menerbitkan peraturan presiden (Perpres) mengenai logistik di penyelenggaraan Pemilu 2024.

Tito mengatakan, bahwa penerbitan Perpres tersebut merupakan sebuah komitmen pemerintah untuk mendukung kelancaran Pemilu 2024.

“Bapak Presiden juga siap untuk membuat perpres yang spesifik mengenai pengadaan logistik pemilu. Nah saya kira ini salah satu komitmen dari pemerintah untuk mendukung,” ungkap Tito saat rapat di Komisi II DPR, Senayan, Jakarta, pada hari Rabu 13 April 2022, dikutip dari CNN Indonesia.

Tito juga mengatakan, kalau pengadaan logistik tersebut jadi salah satu masalah yang harus dihadapi, khususnya dalam melelang pengadaannya.

Menurut Tito, Presiden Jokowi juga telah meminta kepada Menko Polhukam Mahfud MD dan Menteri lainnya untuk menyiapkan regulasi dalam pengadaan logistik untuk Pemilu 2024.

“Sepanjang tidak bertentangan hukum, agar disiapkan regulasi dari tingkat pemerintah. Salah satunya masalah pengadaan barang dan jasa, logistik untuk pemilu,” ujar Tito Karnavian.

Selain itu, Tito juga meminta, agar anggaran Pemilu 2024 dipersiapkan secara efektif dan efisien.

Tito kembali mengingatkan kalau negara, pemerintah dan rakyat membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena pandemi Covid-19 yang belum ada ujungnya.

“Kita juga masih dalam tahap recovery ekonomi, pemulihan ekonomi, banyak juga yang terdampak saya kira yang menganggur dan lain-lain,” ujar Mendagri tersebut.

Tito menambahkan, banyak program strategis nasional maupun daerah yang belum terselesaikan dan membutuhkan biaya.

“Oleh karena itu, mohon dengan segala hormat dikalkulasi betul anggarannya agar bisa seminimal mungkin tapi tetap mencapai target pemilu terlaksana aman dan lancar,” ujar mantan Kapolri tersebut.