Tokoh Adat Toraja Buka Suara Terkait Pemerintahan NIVI

Terkini.id, Makale – Kepemimpin Bupati Nicodemus Biringkanae dan Wakil Bupati Victor Datuan Batara selama empat tahun terakhir, dampak positifnya makin dirasakan rakyat. Tak terkecuali bagi tokoh adat Toraja yang ada di 19 kecamatan.

Apresiasi dan pujian terhadap kepemimpinan pasangan NIVI Jilid I disampaikan pemerhati Budaya Toraja/ tokoh adat Mangkendek, Sismay Eliata Tulungallo. Ia menyampaikan apresisasi atas kepemimpinan Bupati Nicodemus Biringkanae dan Wakil Victor Datuan Batara (NIVI).

“Kami ada 19 kecamatan, tokoh adat dari 19 kecamatan yakni Makale, Mengkendek, Sangalla, Bonggakaradeng, Bittuang, semuanya 19 kecamatan di Tana Toraja induk ini, kami diberi ruang dan diberi kesempatan ikut mengambil bagian memberikan nama Bandara Buntu Kunik yang disingkat BBK menjadi Bandara Tana Toraja. Itu luar biasa, itu kami sangat apresiasi dan hargai itu,” tegas Pong Era dalam video testimonynya.

Baca Juga: Pasangan NIVI Menang Versi Hitung Cepat di Tator, Welem: Tunggu...

Selain itu, Pong Era juga menyampaikan bukan hanya pembangunan saja yang masyarakat rasakan selama NIVI menjabat tetapi kesejukan pun sangat dirasakan.

“Yang ada setelah pemerintahan NIVI, kami damai-damai saja dengan tetangga dalam hal ini agama Islam dan agama Kristen, maupun Kritesten dan Islam ataupun Aluktodolok dengan Kristen ataupun Aluktodolok dengan Islam. Semua damai-damai saja,” bebernya.

Baca Juga: Paslon Al-John Optimis Menangkan Pilkada Tana Toraja

Dan tidak kalah menariknya lagi, tokoh adat tersebut pun menyampaiakn jika di era pemerintahan Nicodemus Biringkanae-Victor Datuan Batara, para tokoh adat diberi ruang dan selalu diundang pada setiap kegiatan, baik kegiatan dari pusat, propinsi maupun daerah.

“Buktinya kami masyarakat adat nanti setelah era NIVI kami sudah diberi ruang, kami diundang dihadirkan kalau ada kegiatan-kegiatan dari pusat, propinsi ataupun daerah. Pemerintahan sebelumnua juga kami dihadirkan tapi kami rasakan tidak sepenuh hati. Tapi nanti setelah era NIVI kami diberi ruang, diberi hak dan kesempatan untuk mengeluarkan kesempatan,” kesannya.

Bagikan