Tolak Eksekusi Lahan, 3 Wanita Bersaudara Bakar Rumahnya Sendiri Hingga Rata Dengan Tanah

Terkini.id, Makassar – Kebakaran yang terjadi pada Selasa 29 Maret 2022 di Lorong Kita, Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan ini dilakukan oleh pemiliknya sendiri yaitu 3 wanita bersaudara. Upaya ini mereka lakukan untuk menolak eksekusi lahan.

Alasan mengapa 3 wanita tersebut sengaja membakar rumahnya hingga rata dengan tanah disebabkan oleh rasa sakit hati atas kekalahan yang mereka alami dalam kasus perdata di Pengadilan Negeri Makassar.

Kebakaran yang berlokasi di perumahan padat penduduk ini sangatlah besar. Kobaran api yang sangat dahsyat disebabkan oleh rumah yang terbuat dari bangunan kayu.

Baca Juga: 4 Remaja Tukang Parkir Tertangkap Polisi Karena Menganiaya Anggota TNI

Api dari insiden kebakaran ini sangat cepat membesar sehingga rumah tersebut langsung menjadi satu kesatuan dengan tanah.

Pihak kepolisian sendiri yang diwakilkan oleh Kapolsek Tallo, Kompol Badollahi menyatakan status dari rumah yang terbakar tersebut merupakan objek eksekusi dari Pengadilan Negeri Makassar.

Baca Juga: Kompak, Inilah 3 Kota yang Ramai-ramai Kecam Holywings

“Lahan akan dieksekusi oleh Pengadilan Negeri, tapi pemilik rumah tak terima dan membakar rumahnya,” ujar Badollahi kepada Viva Selasa 29 Maret 2022.

Kasus perkara eksekusi tersebut berawal dari salah satu pihak keluarga 3 wanita bersaudara kandung tersebut meminjam uang kepada bank. Peminjaman uang tersebut memilki jaminan berupa dua rumah.

Pihak keluarga tidak bisa membayar cicilan pinjaman uang kepada bank yang berstatus sebagai kreditor. Setelah itu pihak bank menggugat keluarga 3 bersaudara kandung tersebut ke Pengadilan Negeri Makassar.

Baca Juga: Kompak, Inilah 3 Kota yang Ramai-ramai Kecam Holywings

Hasil dari perkara perdata tersebut ialah berupa kemenangan untuk pihak bank. Bank dapat melakukan pelelangan terhadap objek jaminan rumah tersebut.

Objek jaminan rumah yang telah dilelang tersebut dapat di eksekusi oleh Pengadilan Negeri Makassar karena hasil kemenangan dari pelelangan lahan rumah itu.

“Jadi mereka ini kalah sama perbankan karena awalnya salah satu dari mereka telah jaminkan rumahnya di bank, karena tidak sanggup membayar akhirnya digugat dan kalah,” Kompol Badollahi.

Kejadian kebakaran ini membuat warga sekitar ketakutan dan panik. Sehingga seluruh warga menangkap 3 wanita bersaudara itu karena dianggap mereka telah melakukan kekacauan. 

Setelah itu pihak kepolisian Polsek Tallo langsung mengamankan 3 wanita bersaudara ini. Pihak kepolisian mengalami kesulitan untuk membawa 3 wanita bersaudara ini lantaran warga sekitar merasa marah dan mau menghakimi mereka sendiri.

“Ketiga terduga pelaku selanjutnya dibawa ke Mako Polsek Tallo/I guna menjalani pemeriksaan intensif lebih lanjut,” lanjut Badollahi dilansir dari halaman viva.co.id pada Selasa 29 Maret 2022.

Perwakilan dari pemadam kebakaran kota Makassar Rustam Jupri menyatakan, sebanyak 50 anggota pemadam kebakaran diturunkan dengan menggunakan 15 armada untuk mengatasi kobaran api yang sangat besar ini.

“Ada dua rumah terbakar. Semua semi permanen. Satu lantai dua satu tidak. Satunya empat petak. Ini rumah sudah dieksekusi sudah dilelang pihak bank. Sebelum keluar (salah satu penghuni) membakar,” imbuh Rustam.

“Laporan kejadian pukul 10.55 WITA. Kita punya waktu 10 menit untuk memadamkan api,” ujarnya.

Bagikan