Makassar Terkini
Masuk

Ukraina Tepis Rumor Jokowi Jadi Pembawa Pesan Zelensky Untuk Putin

Terkini.id, Jakarta – Serhii Nikiforov selaku Sekretaris Pers Kantor Kepresidenan Ukraina membantah isu Jokowi yang membawa pesan dari Zelensky untuk Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Menurut Serhii Nikiforov, jika Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky ingin menyampaikan pesan untuk Putin, maka akan dilakukan secara langsung didepan publik lewat sebuah pidato harian.

Serhii Nikiforov juga mengatakan bahwa topik utama yang dibahas dalam pertemuan antara Jokowi dan Zelensky adalah masalah blokade pelabuhan Ukraina.

“Indonesia adalah salah satu pengimpor biji-bijian terbesar dari Ukraina, dan blokade pelabuhan-pelabuhan Ukraina adalah fokus utama pembicaraan antara kedua presiden (Indonesia dan Ukraina) di Kyiv,” ujar Serhii Nikiforov, dikutip dari kompas.com, Minggu 3 Juli 2022.

Selain itu, Serhii Nikiforov menegaskan kepada Jokowi bahwa Rusia yang menjadi penyebab terganggunya ekspor biji-bijian.

“Inilah yang dibicarakan secara rinci dengan Joko Widodo,” tutur Serhii Nikiforov.

Disisi lain, juru bicara Istana Kremlin, Dmitry Peskov menjelaskan tidak terdapat pesan tertulis yang disampaikan Jokowi dari Zelensky terkait perang Rusia dan Ukraina.

“Itu bukan pesan tertulis. Hanya itu yang bisa saya katakan kepada Anda,” ucap Dmitry Peskov.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke Ukraina dalam rangka membawa misi perdamaian antara Rusia dan Ukraina.

“Perjalanan saya ke ibu kota Ukraina dan bertemu Presiden Zelensky semata-mata untuk membawa misi perdamaian,” ungkap Jokowi, dikutip dari Twitter @jokowi, Minggu 3 Juli 2022.

Presiden Jokowi merasa terpukul melihat kondisi bangunan Ukraina yang hancur akibat diserang oleh tentara militer Rusia.

“Sangat menyedihkan sekali, banyak rumah-rumah yang rusak kemudian juga infrastruktur yang rusak,” ujar Jokowi, dikutip dari cnnindonesia.com, Minggu 3 Juli 2022.

Jokowi berharap bahwa semoga tidak ada lagi kota di Ukraina yang terkena dampak akibat dari serangan militer Rusia.

“Kita harapkan tidak ada lagi kota-kota yang rusak di Ukraina akibat perang,” ulas Jokowi.

“Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelensky untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera,” pungkas Jokowi, dikutip dari AFP, Minggu 3 Juli 2022.