Upayakan Penguatan Persatuan, Kesbangpol Makassar Gelar Sosialisasi Toleransi

Kesbangpol Makassar
Upayakan Penguatan Persatuan, Kesbangpol Makassar Gelar Sosialisasi Toleransi

Terkini.id, Makassar – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Makassar menggelar sosialisasi dalam mengupayakan penguatan persatuan dan kesatuan melalaui sosialisasi ihwal pentingnya merawat kerukunan dan toleransi antar umat beragama.

Selaku Ketua Panitia, Taufan Mukhtar memaparkan bahwa maksud sosialisasi ihwal kerukunan dan toleransi beragama di Kota Makassar untuk membekali dan mempertemukan persamaan pemahaman bagi tokoh agama dan masyarakat.

Apalagi, kata dia, Kota Makassar sebagai ujung tombak pemerintahan daerah.

“Hal ini untuk menciptakan keadaan saling menghormati, menghargai, memberi ruang kepada pemeluk agama untuk meningkatkan kesadaran dan menjunjung tinggi toleransi,” kata Taufan,¬†Selasa, 25 Juni 2019.

Menurutnya, konsep universal manusia menghindari isu-isu SARA guna tetap menjaga Kota Makassar tetap aman dan kondusif.

Adapun materi dalam kegiatan tersebut antara lain, penguatan toleransi dan kerukunan beragama pascademokrasi, toleransi dan kerukunan beragama tinjauan keamanan dan ketertiban pasca-pemilu legislatif dan pilpres, dan toleransi dan kerukunan beragama peluang dan tantangan Indonesia.

Diketahui, Biaya sosialisasi tersebut bersumber dari APBD Kota Makassar melalui Badan Kesbangpol.

Kegiatan akan berlanjut hingga angkatan ketiga

Sekertaris Badan Kesbangpol M Iskandar Lewa menyebut kegiatan sosialisasi tersebut merupakan agenda rutin. Ia menilai penafsiran sebagai respons terhadap putusan MK sebenarnya kurang tepat.

“Namun ada manfaatnya sebab berada momen yang tepat untuk mempersatukan,” ujarnya.

Iskandar mengatakan kegiatan akan berlanjut hingga angkatan ketiga. Angkatan kedua, kata dia, hari Kamis, 27 Juni 2019.

Berita Terkait