Usai Tantang Habib Bahar, Gus Arya Disindir Soal Panggilan Gus

Terkini.id, Jakarta – Sebuah video yang memperlihatkan Gus Arya menanggapi sindiran seorang youtuber terkait panggilan ‘gus’ yang disematkan di namanya usai menantang pendakwah Habib Bahar bin Smith, viral di media sosial.

Video Gus Arya menanggapi sindiran pihak tersebut setelah dirinya menantang Habib Bahar itu viral usai diunggah pengguna Twitter RonaldLampard8, seperti dilihat pada Sabtu 25 Desember 2021.

Dalam narasi cuitannya, netizen itu menyebut pihak yang menyindir Gus Arya itu merupakan ‘jongos’ Habib Bahar.

Baca Juga: Gus Arya: Kalau Pemerintah Tumpul Hadapi Khilafah, Kasih Saya Senjata

“JONGOS-JONGOSNYA BAHAR MULAI KEPANASAN (1) Kadrun Ingusan Bocil 212 Tanggapi Tantangan Gus Arya,” cuit netizen RonaldLampard8.

Dilihat dari video itu, tampak Gus Arya menyebut adanya pihak youtuber yang menanggapi tantangan dirinya terhadap Habib Bahar bin Smith.

Baca Juga: Rizal Afif: Demi Habib Bahar, Saya Disuruh Mengaku Eks Napiter

“Kali ini saya akan menanggapi tentang tantangan saya terhadap Bahar Smith dan ini direaksi sama salah satu youtuber pemula,” ujar Gus Arya.

Ia pun lantas menyebut pihak youtuber itu dengan sebutan ‘Bocil 212’. Gus Arya kemudian memutar video pernyataan pihak yang menyindirnya itu.

“Yah bocil lah yah, bocil 212. Namanya adalah Bocil 212. Kita lihat cuplikannya seperti apa,” kata Arya.

Baca Juga: Rizal Afif: Demi Habib Bahar, Saya Disuruh Mengaku Eks Napiter

Adapun dalam videonya itu, sang youtuber dengan nama kanal Akal Sehat tersebut menyindir sebutan ‘gus’ yang tersemat di nama Gus Arya.

Menurutnya, ia mengaku heran dengan sebutan gus terhadap Arya itu. Pasalnya, kata sang youtuber, Gus Arya bukanlah seorang ‘gus’.

“Selamat datang kembali di chanel Akal Sehat. Kali ini saya akan menanggapi daripada pernyataan-pernyataan gaduh daripada orang yang ngaku sebagai gus, walaupun sebenarnya dia bukan gus,” ucapnya.

Menanggapi sindiran terhadapnya itu, Gus Arya pun mengaku aneh dengan pernyataan youtuber Akal Sehat tersebut.

Pasalnya, menurut Arya, youtuber itu sama sekali tidak mengenal dirinya. Sebaliknya, ia juga tidak mengenal pengguna kanal YouTube Akal Sehat itu.

“Si bocil 212 menanggapi dengan awal adalah bahwa ada seorang yang mengaku-ngaku gus, padahal dia bukan seorang gus. Aneh gak? Bagaimana dia tahu, kenal saya juga tidak,” tutur Gus Arya.

Arya pun lantas menjelaskan bahwa sebutan gus itu adalah gelar yang diberikan beberapa orang yang meyakini sosok tertentu.

“Sebutan ‘gus’ itu adalah gelar yang diberikan beberapa orang yang mereka yakini, contoh gus atau ustaz atau kiai. Semua orang bisa memberikan gelar itu,” jelasnya.

Lebih lanjut, Gus Arya juga mengatakan kepada pihak yang menyindirnya usai dirinya menantang Habib Bahar itu bahwa panggilan ‘gus’ juga bisa diartikan sebagai anak priyayi maupun sebutan untuk kakak.

“Artinya, gus itu anak kiai, anak priyayi. Tidak harus anak kiai, anak priyayi pun dipanggil gus. Gus itu panggilan seorang kakak,” ujarnya.

Bagikan