Vaksinasi Tahap Kedua di Makassar Berjalan Lancar

Terkini.id, Makassar – Sebanyak 11 pejabat yang sebelumnya melakukan penyuntikan vaksin Covid-19 tahap pertama kembali melakukan vaksinasi tahap kedua. Vaksinasi tahap kedua tersebut berjalan dengan lancar.

Penjabat Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin mengatakan mereka yang divaksinasi tahap pertama tidak ada yang mengalami masalah atau efek samping.

“Semua sehat yang telah divaksin pada tahap pertama. Istilahnya tidak ada kejadian setelah vaksinasi,” kata Rudy, Kamis, 28 Januari 2021.

Vaksinasi tahap ke-2, kata Rudy, akan membentuk imunitas. Vaksin tersebut akan bereaksi sekitar 3 Minggu dan membentuk kekebalan tubuh.

Mungkin Anda menyukai ini:

“Vaksinasi kedua ini betul-betul sudah bisa menjadi imun,” kata dia.

Baca Juga: Plt Gubernur Sulsel: Jangan Takut Divaksin

Rudy berharap mereka yang telah memiliki kekebalan setelah vaksinasi tahap kedua mampu menyampaikan kepada masyarakat bahwa vaksinasi Covid-19 ini sangat penting.

“Mudah-mudahan nanti untuk tahap berikutnya ke masyarakat bisa kita lakukan dan masyarakat bisa menerimanya,” ungkapnya.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Agus Djaja Said mengatakan vaksinasi tahap kedua tetap berlangsung di Puskesmas Makkasau, sama seperti sebelumnya.

Baca Juga: Pemerintah Arab Saudi Rencanakan Haji pada Juli 2021, Calon Jemaah...

“Tetap di mana divaksin di Puskesmas Makkasau yah di sana,” ujar Agus.

Menurut Agus, untuk memunculkan antibodi diperlukan dua suntikan sebagaimana aturan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Suntikan vaksin Covid-19 kedua dilakukan dua pekan ke depan usai penerima mendapat vaksin pertama.

“Perlu dua kali penyuntikan vaksin Covid-19 Sinovac untuk memunculkan antibodi,” kata dia.

Sehingga, kata dia, penerima vaksin harus menjalani penyuntikan kedua kalinya dalam waktu 14 hari setelah penyuntikan pertama.

Agar upaya perlindungan vaksin Covid-19 maksimal, Agus mengingatkan agar tetap patuh protokol kesehatan seperti memakai masker, cuci tangan, dan menghindari kerumunan.

Bagikan