Wabup Bulukumba Ajak Warga Kurangi Penggunaan Sampah Plastik, Ini Caranya

Wabup Bulukumba Ajak Warga Kurangi Penggunaan Sampah Plastik dengan menggerakkan budaya bawa botol air minum.

Terkini.id, Bulukumba – Untuk mengurangi penggunaan dan penumpukan sampah plastik, Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) menginisiasi Gerakan Bulukumba Membawa Tumblr atau botol air minum. Penggunaan tumblr diharapkan mampu mengurangi penggunaan botol maupun gelas air mineral yang berbahan plastik.

Kepala DLHK Misbawati A. Wawo mengemukakan jika gerakan penggunaan tumblr adalah bagian dari upaya menjamin pengelolaan sampah dengan baik dan berwawasan lingkungan. Pihaknya, kata Misbawati sudah memiliki Kebijakan dan Strategi Kabupaten Bulukumba dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis (Jakstrada).

“Jakstrada ini merupakan kebijakan pro lingkungan dalam rangka mengatasi dan mengurangi permasalahan sampah terutama masalah sampah plastik yang semakin hari semakin banyak,” tutur Misbawati dalam pengantarnya.

Dikatakannya problematika dari sampah plastik adalah sulitnya didaur ulang. Dalam pengelolaan sampah dikenal dengan sistem 3R atau Reuse, Reduce dan Recycle.

“Nah di sinilah kami mencoba menindak lanjuti dengan kampanye tumblr untuk mendorong adanya perubahan perilaku masyarakat agar meminimalisir penggunaan plastik, termasuk kantong kresek untuk menjaga kelestarian lingkungan,” pintanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto mengapresiasi gerakan ini, apalagi pada Senin depan, Kabupaten Bulukumba akan menerima Piala Adipura yang diterima oleh Bupati Bulukumba di Jakarta. Tomy mengungkapkan bahwa jika kita ingin dikatakan sebagai bangsa yang berbudaya atau beradab maka harus kelihatan dari perilakunya. Dirinya mengaku heran dengan budaya saat ini, bentuk penghormatan kepada tamu di rumah dengan menyuguhkan air gelas kemasan.

“Pernahkah kita berpikir dimana akhir dari botol-botol plastik-plastik yang kita gunakan itu, jangan sampai akhirnya botol dan gelas plastik itu berada di got-got depan rumah anda atau berserakan di jalanan,” imbuh Tomy Satria saat menyampaikan sambutan di halaman Kantor DLHK Kabupaten Bulukumba, Jumat 11 Januari 2019.

Penggunaan tumblr juga diharapkan dimulai di jajaran aparatur Pemerintah Kabupaten Bulukumba, dengan tidak lagi menggunakan air gelas kemasan pada kegiatan rapat-rapat pertemuan, tapi dengan menyiapkan air galon dispenser.

“Penggunaan tumblr ini seharusnya dijadikan gaya hidup masyarakat, dan saya meminta para pegawai menjadi contoh yang baik. Setiap pegawai sebaiknya memiliki tumblr yang bisa dibawa kemana-mana,” ungkapnya.

Kegiatan peluncuran penggunaan tumblr yang dirangkaikan dengan senam “Gesit Majjama dihadiri oleh para Kepala Perangkat Daerah dan Ketua Komisi C DPRD Bulukumba H Patudangi. Tomy menandai kampanye penggunaaan tumblr dengan mengisi tumblrnya dengan air minum dari galon air.

Berita Terkait