Warga Kepulauan di Makassar Butuh Dokter dan Perhatian Pemerintah Pusat

Halalbihalal Dinas Kesehatan Makassar

Terkini,id,Makassar – Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Naisyah Tun Azikin menyebut, pelayanan kesehatan di Kepulauan Makassar butuh perhatian Pemerintah Pusat. Pasalnya, sampai saat ini belum pernah mendapatkan dokter Pegawai Tidak Tetap (PTT).

“Padahal Kepulauan itu masuk kriteria¬† terpencil, Langkae jauh sekali dari Barang Lompo. Sampa-dokter untuk daerah terpencil. Kami baru dapat tenaga lain dalam program Nusantara Sehat,” kata dia kepada wartawan, Jumat, 14 Juni 2019.

Kendati demikian, Naisyah mengatakan beberapa tenaga kesehatan melalui program Nusantara Sehat sudah masuk di Pulau Kodingareng. Hanya saja, di Kepulauan tersebut sangat membutuhkan kehadiran dokter.

“Masih banyak katanya pulau-pulau di Papua yang lebih membutuhkan di banding di sini,” terangnya.

Seraya menunggu perhatian pemerintah pusat, Naisyah pun berharap mendapat bantuan dari Pemerintah Provinsi melalui permintaan Pj Wali Kota Makassar M Iqbal S Suhaeb. Selain itu, Gubernur pernah berjanji akan memberikan bantuan.

“Mudah-mudahan juga kita dapat ambulance dari Pak Gubernur Nurdin Abdullah sesuai pidatonya kemarin di Barang Lompo sehingga semua pelayanan kesehatan bisa maksimal,” ungkapnya.

Untuk tahun ini, kata Naisyah, Dinas Kesehatan telah meresmikan dua Puskesmas yang berada di Kepulauan Makassar.

“Kemarin Puskesmas Kodingareng renovasi, Tahun ini dua lantai Puskesmas Pembantu (Pustu) juga renovasi. Mudah-mudahan tahun depan ada beberapa Pustu lagi yang di pulau yang kita renovasi,” ungkapnya.

Diketahui, Kepulauan Makassar sejauh ini terdapat tiga Puskesmas pembantu, antara lain, Pulau Tallo, Pulau lakkang, dan Pulau Lae- lae. Dihuni sebanyak 15 ribu masyarakat yang tersebar di sembilan pulau di Makassar.

Berita Terkait
Komentar
Terkini