Warga Pulau Sakuala dan Sabangko Menyatu Dukung Anir-Lutfi

Pilkada Pangkep
Warga Pulau Sakuala, Kecamatan Tupabbiring Utara merasa senang dengan kedatangan calon bupati Pangkep, Andi Nirawati, Selasa 17 November 2020.

Terkini.id — Warga Pulau Sakuala, Kecamatan Tupabbiring Utara merasa senang dengan kedatangan calon bupati Pangkep, Andi Nirawati, Selasa 17 November 2020. 

Mereka bisa mendengar langsung pemaparan program prioritas pasangan Anir-Lutfi, lantaran tidak bisa menonton debat publik melalui siaran televisi.

Salah seorang warga pulau Sakuala, Mansur mengaku tidak bisa menyaksikan debat lantaran kebutuhan listrik yang tidak memadai. Selama ini hanya menggunakan panel tenaga Surya untuk menghasilkan aliran listrik di rumahnya.

“Aih, tidak bisa kita nonton debat ka terbatas ki akses aliran listrik di sini jadi nda bisa ki nonton,” kata Mansur di sela-sela pertemuan dengan cabup Pangkep, Andi Nirawati.

Lelaki berusia 31 tahun ini menjelaskan, sudah bertahun-tahun warga di daerahnya menggunakan tenaga Surya atau panel penampung listrik untuk menyalurkan energi matahari ke aki, agar dapat menikmati penerangan malam hari.

Menarik untuk Anda:

“Sewaktu era bupati Syafruddin Nur itu sudah didirikan tiang listrik. Pernah ada listriknya tapi sampai sekarang tidak jalan lagi karena mesinnya rusak kayaknya. Akhirnya ada sekitar 70-80 persen masyarakat beralih ke tenaga Surya untuk akses listrik,” jelas lelaki dua anak ini.

“Sudah beberapa tahun warga di sini pakai tenaga surya. Jadi pagi sampai sore dicas baru malam ada penerangan. Kadang pagi juga kita pakai, tapi kalau dari pagi-siang digunakan nanti pas malam lobet mi, habis cas akinya. Itu kemarin tidak bisa nonton karena kita juga pakai takutnya malam lobet dan tidak ada penerangan lagi,” keluh nelayan kepiting ini.

Mansur juga mengaku tidak hanya kekurangan listrik, warga di sana juga kesulitan air bersih. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, warga terpaksa harus mengeluarkan Rp25 ribu untuk membeli satu drum air bersih.

“Kita beli air bersih untuk mencuci, mandi, cuci piring, biasa dibeli Rp25 ribu satu drum. Untuk air minum, satu galon dibeli Rp5 ribu,” kata dia.

Dirinya dan warga Pulau Sakuala berharap bisa mendapatkan akses listrik dan air bersih ketika Anir-Lutfi diberi amanah. 

“Saya sudah lama kenal Ibu. Sudah berjuang sama Ibu saat masih merintis ke DPRD, jadi saya tahu karakternya, jiwa kepeduliannya itu besar sekali. Apalagi dia seorang perempuan, akan mengerti keresahan warga di sini,” ungkapnya. 

Dia meyakini, Anir-Lutfi bakal menang 70-80 persen di Sakuala yang memiliki sekitar 80-an kepala keluarga itu. 

Keluhan yang sama diucapkan Mangka, warga Pulau Sagara. Dia menuturkan, masyarakat di sana juga mengalami keterbatasan listrik. 

“Rata-rata masyarakat di sini menggunakan genset untuk penerangan yang dibayar Rp145 ribu per bulan. Awalnya ada tenaga surya, tapi rusak mesinnya jadi tidak bisa menyimpan tenaga. Jadi itu ji kebutuhan masyarakat di sini yang perlu diperhatikan,” ujar Mangka kepada Anir.

Anir dan tim juga mengunjungi Pulau Sabangko. Di sana Anir disambut baik masyarakat. 

Salah satu tokoh masyarakat, Faharuddin mengatakan, dirinya dan warga Pulau Sabangko akan berjuang memenangkan Anir-Lutfi di situ.

Lelaki yang disapa Haji Faha itu mengaku kepemimpinan perempuan seperti Andi Nirawati merupakan pilihan tepat warga Pangkep saat ini.

“Saya juga tinggal di Desa Pitue, di sana Kepala Desanya dua periode seorang perempuan. Kepemimpinannya juga bagus dari tata desa sangat rapi dan bersahaja. Semoga kepemimpinan daerah juga diamanahkan ke Ibu Anir agar bisa mengentaskan kemiskinan,” ujar Faha yang juga seorang pengusaha tambak itu.

Atas permasalahan warga Pulau, Anir bakal mengutamakan kebutuhan listrik, air bersih dan pendidikan. “Insya Allah jika kita dukung dan bantu Anir-Lutfi maka permasalahan air bersih, listrik segera diselesaikan,” janji Anir di hadapan warga. 

Adapun program Anir-Lutfi lainnya yakni menjamin suplai air bersih untuk rakyat dan pembangunan sanitasi, baik daerah daratan maupun kepulauan serta membangun IPA, instalasi pengolahan air bersih dan membangun bendungan baru. 

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Tak Ingin Kecolongan, Warga Sepe’e Bakal Kawal Suara SS-AK di TPS

Petinggi Kerajaan Gowa Ajak Warga Pilih Adnan-Kio

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar