Warga Selandia Baru Berdiam 2 Menit untuk Hormati Korban Teror

Terkini.id – Seminggu setelah aksi teror yang menewaskan 50 warga Muslim di Chrischurch, warga Selandia Baru hari ini melakukan aksi hening selama dua menit.

Semuanya menghentikan aktivitasnya sekitar pukul 13.32 WITA pada Hari Jumat 22 Maret 2019, untuk menghormati para korban teror yang meninggal dunia dalam aksi brutal tersebut.

Bahkan, salah satu media cetak di negara tersebut, terbit dengan sampul yang berbeda dari biasanya.

Media cetak tersebut, menuliskan kalimat ‘salaam’ dalam bahasa Arab dengan besar.

Lalu di bawah tulisan arab tersebut, tertulis ‘salam, peace’.

“Pada pukul 1.32 pm, kita melakukan aksi hening untuk korban penembakan di Christchurch,” tulis media tersebut dalam sampul korannya.

Salat Jumat Disiarkan di Semua TV dan Radio

Know their names and their stories. #50lives #christchurch

Dikirim oleh Kashmir Maryam pada Selasa, 19 Maret 2019

Sementara itu, warga di Selandia Baru berkumpul di Hagley Park Christchurch untuk berdoa dan melakukan aksi hening dua menit.

Seperti diketahui, aksi satu minggu lalu itu telah membunuh hingga 50 orang dan belasan lainnya terluka di Masjid Al Noor di Deans Ave.

Menariknya, acara tersebut disiarkan secara nasional di semua stasiun TV dan radio gratis.

Perdana Menteri Jacinda Ardern, tokoh masyarakat, dan sekitar 30 pejabat asing diundang oleh komunitas Muslim ke acara tersebut, yang akan berakhir tak lama setelah pukul 14:00 dengan komentar penutup singkat dari Ardern.

Malam hari diadakan sekitar waktu sholat Jumat siang di kota-kota dan kota-kota Selandia Baru lainnya, termasuk Auckland, Wellington, dan Nelson.

Berita Terkait
Komentar
Terkini