Masuk

Waspada! Cacar Monyet Melanda Negara Tetangga Indonesia

Komentar

Terkin.id, Jakarta- WHO telah menetapkan cacar monyet jadi darurat Kesehatan Global. Bahkan negara tetangga Indonesia Singapura sudah melaporkan kasus cacar monyet (monkey pox).

Singapura melaporkan penambahan kasus baru cacar monyet, kali ini terjadi pada seseorang pria berusia 46 tahun asal Estonia dan satu pria berusia 26 tahun asal Singapura dengan penambahan dua kasus baru tersebut.

Singapura kini mencatat total 8 kasus cacar monyet terdiri dari 4 kasus lokal dan 4 kasus impor seluruhnya tidak terhubung satu sama lain.

Baca Juga: 2 Warga Terbukti Negatif, Wali Kota Makassar Tegaskan Tak Ada Cacar Monyet

Kementrian Kesehatan Singapura melaporkan pria asal Estonia tiba di Singapura pada 21 Juli 2022 setelah melakukan perjalanan dari London. Pada minggu 24 Juli 2022 Ia dinyatakan positif cacar monyet dengan gejala berupa ruang di selangkangan dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Sedangkan pasien asal Singapura mengalami gejala berupa ruang di selangkangan dan sejumlah arah lain pada tubuhnya dinyatakan positif pada minggu 24 Juli 2022.

Indonesia hingga saat ini belum melaporkan penemuan kasus cacar monyet.

Baca Juga: Cacar Monyet Sudah Masuk di Indonesia, Begini Pesan Presiden Jokowi

Namun, Ketua Dewan Pertimbangan Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban meminta berbagai pihak di Indonesia mulai menyusun strategi mitigasi menghadapi wabah cacar monyet. Ia meminta pemerintah dan warga waspada terhadap wabah ini.

“Sangat penting mengonsolidasikan strategi mitigasi di berbagai tingkatan karena > 16 ribu kasus telah menyebar di 75 negara saat ini. Waspada,” kata dalam akun Twitter resminya @Profesor Zubairi.

Pasalnya virus ini menyebar lewat kontak dekat. Penularannya bisa dari hewan ke manusia dan manusia ke manusia.

Menghindari kontak fisik dengan orang yang terkena virus menjadi cara paling efektif dalam mencegah penularan hingga saat ini.