Wujudkan kesrawan, Dosen Polbangtan Gowa ini membuat sabun khusus ternak

Sartika Juwita, salah satu dosen Peternakan Polbangtan Gowa, menciptakan sebuah inovasi sabun kesehatan ternak

Kesejahteraan hewan (kesrawan) menjadi isu yang sangat “seksi” belakangan ini. Berbagai konferensi tingkat regional, nasional, maupun internasional sedang ramai membahas kesrawan sebagai topik utama mereka. Pun tidak ketinggalan Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) membentuk program studi baru yaitu Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan pada Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa.

Tanggap terhadap isu ini, Sartika Juwita, salah satu dosen Peternakan Polbangtan Gowa, menciptakan sebuah inovasi sabun kesehatan ternak. Ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu (6/2) dokter hewan besutan Universitas Airlangga Surabaya ini menuturkan bahwa terdapat dua jenis sabun ternak yang diproduksi yaitu sabun herbal ternak dan sabun scabies.

Terdapat dua jenis sabun ternak yang diproduksi yaitu sabun herbal ternak dan sabun scabies

Inovasi yang dihasilkan merupakan hasil penelitiannya yang berkolaborasi dengan widyaiswara Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan yang dilaksanakan pada tahun 2017.

Keprihatinannya terhadap kondisi peternakan rakyat yang tidak perduli terhadap penyakit kulit yang diidap ternak sehingga menyebabkan produksi menurun, mendasari pembuatan sabun kesehatan bagi ternak. Hal ini tentu belum memenuhi kaidah kesejahteraan bagi hewan karena belum mendapatkan perlakuan yang layak.

Masih langkanya produk kesehatan hewan juga menjadi alasan baginya untuk menciptakan produk ini. Pada akhir wawancara, wanita yang menjabat sebagai ketua program studi Budidaya Ternak ini berujar akan mendaftarkan kedua produknya untuk mendapatkan paten. Rencana lainnya, Sartika akan menghasilkan produk-produk kesehatan ternak yang lebih variatif dengan target yang meluas termasuk pet animal. (FW)

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Kampus

Yuk, Nantikan Semarak BODY 2019 di Kampus UNM

Terkini.id,Makassar -  Biology Open Day (BODY) kembali dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNM pada 13 hingga 17 November 2019 mendatang.Kegiatan ini mengusung