20 Pasien ODP di Sidrap akan Dites Ulang, Alasannya?

Tim gugus penanganan covid 19 Sidrap rencananya akan kembali melakukan cek medis sekira 20 ODP yang sebelumnya sempat masuk di Rumah Susun dan RS Arifin Nu’mang.

Terkini.id, Sidrap – Tim gugus penanganan covid 19 Sidrap rencananya akan kembali melakukan cek medis sekira 20 pasien ODP yang sebelumnya sempat masuk di Rumah Susun dan RS Arifin Nu’mang.

Keputusan ini diambil setelah tim gugus covid 19, yang dihadiri Wakil Ketua Tim, Letkol Inf JP Situmorang dan Sekda Sidrap, H Sudirman Bungi menerima audiens dengan Aliansi Sidrap Peduli, Selasa 7 April 2020.

Sekda Sidrap, Sudirman Bungi yang dihubungi, mengatakan, sesuai diskusi dengan IKM-ISA dan organisasi lain, memang disepakati untuk memanggil kembali 20 orang yang sudah menjalani tes dan negatif.

Asumsinya, kata dia, karena setelah pulang 1-2 hari terakhir, baik dari rusun dan Rumah Sakit, 20 ODP ini sudah ada kontak dengan pasien positif yang hasilnya baru keluar.

“Jadi pertimbangan itu, sehingga kami akan memanggil dan melakukan tes swab kedua kepada mereka. Mudah-mudahan berjalan lancar dan negatif,” ujarnya.

Baca juga:

Disamping itu, lanjut Sudirman Bungi, untuk memberi kenyamanan kepada para jamaah selama pemeriksaan, Pemkab akan melakukan pembenahan fasilitas di rumah susun.

Hal sama dikatakan wakil ketua tim gugus penanganan covid 19, Letkol Inf JP Situmorang.

“Mereka memberi masukan terkait dengan warga yang dipulangkan dari RS Arifin untuk menjalani cek swab kembali dengan pertimbangan ada jeda waktu mereka masih bersama sama di RS sebelum keluar hasil Swab. Dikwatirkan ada penularan dari yg dinyatakan positif ke yg negatif. Saran ini akan ditindaklanjuti oleh Gugus Tugas,” ujar Dandim 1420 itu.

Sebelumnya, Aliansi Sidrap Peduli yang tergabung dari berbagai Organisasi, Yakni ISA Sidrap, IPMI Sidrap, IKM, Kebugis, tokoh intelektual seperti Mahmud Lakaiya, Maryono, Mulawarman, Andi Hindi, Samsul Bahri, Sidrap dan OPD Sidrap lainnya, menuntut pemkab melakukan isolasi bagi puluhan OPD, pasca bertambahnya pasien covid 19 positif, Senin kemarin.

“Intinya, kami dengan Pemkab dan tim gugus Covid sepakat untuk melakukan tes ulang bagi pasien ODP. Ya itu tadi, karena kemungkinan sudah ada kontak dengan pasien positif,” ujar Ketua ISA Sidrap, Mahmud Lakaiya.

“Kami memberi masukan, agar Pemkab dan tim gugus konsisten menangani Covid 19. Karena ini penting untuk memutus mata rantai penyebarannya,” katanya.

Komentar

Rekomendasi

Di Sidrap Kasus Positif Corona Terus Bertambah

Bertambah 4, Kasus Positif Corona di Sidrap Jadi 31 Orang

Syahar Sebut Bupati Sidrap Tolak 2 Ribu Rapid Test Bantuan Dari NasDem

ASH Apresiasi Peran Aktif Pemuda dan Aparat Desa Cegah Covid-19

Update Covid-19 di Sidrap: Pasien Positif Bertambah

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar