Makassar Terkini
Masuk

27 Korban Arisan Bodong, 8 dari Makassar, Kerugian Hingga 10 M

Terkini.id, Makassar – Sebanyak 27 orang menjadi korban arisan bodong dengan total kerugian 10 miliar. Sementara 8 orang di antaranya merupakan warga Kota Makassar dengan kerugian 3,1 miliar.

Korban melalui kuasa hukumnya, Ari Dumais akhirnya melaporkan kasus ini ke polisi di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu atau SPKT Polda Sulsel pada Rabu 13 April 2022. Pelaku diketahui berinisial SN, 27 tahun asal Bandung.

“Ada tim khusus atau komplotan 4 orang. admin 2, ikut orang tua. Ada bukti Akun bank ada transfer masuk ke rekening orang tua,” ujar Ari Dumais, Rabu, 13 April 2022.

Ari Dumais mengatakan korban arisan bodong tersebut tersebar di berbagai kota di Indonesia. Khusus di Makassar jumlahnya mencapai delapan orang.

“Total korban nasional 27 orang secara nasional, Bandung, Jakarta Batam Blitar, Bekasi. Korban 8 orang beralamat di Makassar,” kata Ari Dumais.

Ari Dumais mengungkapkan, modus pelaku arisan bodong ini memberi keuntungan kepada korban hingga 20 persen. Hal itu membuat banyak orang tergiur.

“Modusnya menawarkan arisan dengan mendapatkan keuntungan persenan. Sekali sampai tiga kali diberi keuntungan sehingga banyak member yang sampai memanggil teman atau kerabat untuk bergabung di atas 20 persen,” jelasnya.

Namun belakangan, pelaku mengaku tidak bisa lagi membayar uang arisan tersebut. Akhirnya melarikan diri dan membawa uang miliaran tersebut.

“Lalu dia diduga memberi keuntungan, hanya selang beberapa kali pencairan pelaku mengaku tidak bisa melakukan pencairan. Pelaku menjalankan aksi Maret 2022, korban juga ikut Maret,” terangnya.

Dia menceritakan korban dan pelaku tidak kenal sama sekali. Hanya bermodalkan telepon video dan kartu identitas berupa KTP dan SIM C pelaku melancarkan aksinya.

“Kenalnya karena ada kasi koneksi, klien saya yang melapor sempat kenal karena bermasalah, pelaku sempat meminjam uang ke klien. Ternyata niatnya sudah tidak bagus,” ujarnya.