49,0 Persen Responden Yakin Anggota DPRD Makassar Akan Membawa Perubahan

Pelantik anggota DPRD Kota Makassar hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2018-2024, para rapat paripurna istimewa, di Gedung DPRD Makassar, Senin 9 September 2019. /Nasruddin

Terkini.id — Lembaga Survei Celebes Research Center (CRC) melakukan riset di bulan November 2019, terkait respon publik atas kinerja DPRD Kota Makassar periode 2019-2024.

Berdasarkan hasil riset, ada 3 hal yang menjadi parameter untuk merujuk pada optimisme publik yang cukup tinggi atas harapan terhadap kinerja anggota DPRD Kota Makassar.

“Ketika respon publik diukur dari sisi kemampuan Anggota DPRD dalam upayanya membawa dan mengawal perubahan di Kota Makassar, sebanyak 49.0 persen responden menjawab yakin atas kemampuan Anggota Dewan dalam membawa dan mengawal perubahan,” kata Peneliti CRC, Irwan Alim.

Angka tersebut didapatkan atas anggapan masyarakat bahwa komposisi anggota dewan yang terpilih saat ini mewakili beberapa elemen penting dalam masyarakat baik dari segi usia, ketokohan dan pendidikan.

Di sisi lain, dalam konteks mendengarkan dan menyalurkan aspirasi masyarakat, sebanyak 50.1 persen responden menjawab yakin atas kepedulian dan perhatian Anggota Dewan dalam mendengar dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

“Jawaban ini didasarkan atas pengalaman masyarakat terkait intensitas anggota dewan yang tergolong cukup tinggi untuk bertemu dan berdiskusi ke masyarakat baik dalam kegiatan reses, penyaluran bantuan, maupun pendampingan,” ungkapnya.

Sementara dalam menghasilkan peraturan-peraturan daerah yang mengutamakan kepentingan rakyat, temuan kami di lapangan terkait keyakinan masyarakat terhadap kinerja Anggota Dewan ke depan sangat memuaskan, terbukti dari persentase responden sebanyak 75.3 persen yang menunjukkan tingkat keyakinan akan kinerja Anggota Dewan dalam menghasilkan Peraturan Daerah.

Hal ini cukup beralasan, karena sebagian besar masyarakat menganggap bahwa beberapa Anggota Dewan selama ini cukup mampu menjembatani kepentingan masyarakat.

Sekalipun beberapa indikator diatas menunjukkan Optimisme masyarakat akan harapannya kepada Anggota Dewan, hal itu semestinya justru menjadi beban bagi Anggota Dewan untuk lebih memperbaiki kualitas kinerjanya tanpa mengurangi intensitas interaksinya di dalam masyarakat.

Survei ini menggunakan metode multistage random sampling yang melibatkan responden sebanyak 400 yang tersebar secara proporsional di 15 kecamatan di Kota Makassar dengan margin of error +/- 5 persen (pada tingkat kepercayaan 95 persen).

Komentar

Rekomendasi

Berita Lainnya

DPRD Makassar Alokasikan Rp10 Miliar Untuk Penanganan Covid-19

KM Lambelu Dikarantina 2 Mil Dari Dermaga Makassar

Pemkot Makassar Belum Terapkan PSBB, Ini Tanggapan Ketua DPRD

Hindari Politisasi Penyaluran Bantuan Dampak Covid-19

Jurnalis distribusikan APD di 11 Kecamatan Kota Makassar

PMI Makassar Semprot Disinfektan Balai Kota

Ini Kewajiban yang Harus Dipatuhi Bila Ingin ke Makassar di Tengah Corona

Ketua PMI Makassar Apresiasi Donor Darah Bawaslu Sulsel

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar