6 Jam Main PUBG Tanpa Istirahat, Pemuda Ini Ditemukan Tewas

Ilustrasi main game online PUBG. (foto: kompas.com)

Terkini.id – Seorang pemuda yang berasal dari Neemuch, Madhya Pradesh, India, ditemukan tewas setelah bermain game online Player Unknown’s Battlegrounds atau PUBG selama enam jam tanpa istirahat.

Pemuda tersebut diketahui bernama Furqan Qureshi (16) ditemukan meregang nyawa akibat serangan jantung pada Selasa, 28 Mei 2019, beberapa waktu lalu.

Dilansir dari laman New Indian Express, Senin, 3 Juni 2018, akibat kejadian ini, spesialis jantung yang menangani Qureshi mendesak pemerintah untuk memblokir permainan.

Ahli jantung, dr Ashok Jain mengatakan, permainan itu harus diblokir sebelum memakan lebih banyak korban anak muda di India.

“Dia adalah seorang anak laki-laki yang memiliki jantung yang sehat. Dia seorang perenang dan tidak memiliki riwayat jantung. PUBG menyebabkan dirinya memiliki lonjakan kecemasan dan kemarahan. Hormon ini memicu serangan jantung,” kata Ashok.

Menurut dr Ashok, Furqan dibawa ke rumah sakit sudah dalam kondisi denyut nadinya berhenti.

“Kami sudah berusaha menolong dan membangunkannya tetapi tidak berhasil,” ujarnya.

Ia pun berpendapat penyebab Furkhan mengalami serangan jantung sampai meninggal karena kebiasaannya main PUBG berjam-jam.

Permainan PUBG yang memberi tantangan dan kegembiraan tingkat tinggi kepada pemainnya, kata dia, bisa memicu serangan jantung.

Permainan yang dikembangkan oleh perusahaan Korea Selatan, Bluehole ini juga disebut menghambat perkembangan mental, emosional dan fisik anak, juga menimbulkan ancaman kehidupan.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (World Health Organisation/WHO), pengguna game online patut memperhatikan durasi bermain dan perubahan kondisi fisik mereka.

“Saya bermain PUBG setiap hari. Apa yang terjadi dengan Furqan mengejutkan kami semua. Saya tidak ingin PUBG dilarang karena permainan ini merupakan cara saya menghilangkan stres. Saya akan mencoba membatasi jam bermain,” ujar Prashant Sharma, pelajar usia 20 tahun dari Pune, India.

PUBG bisa membuat seseorang rela bunuh diri

PUBG
Game online PUBG. (foto: ilustrasi)

Pada kasus lain, game PUBG bisa membuat seseorang mengalami kecanduan parah hingga rela bunuh diri.

Contoh kasusnya, seorang remaja di Hyderabad rela mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri setelah dimarahi oleh orangtuanya karena bermain PUBG hingga lupa waktu.

Berdasarkan cerita sang ibu, remaja tersebut telah bermain PUBG cukup lama lalu masuk ke kamar setelah dimarahi olehnya. Ternyata remaja tersebut masuk kamar untuk gantung diri.

Menurut American Psychiatric Associaton, gejala seseorang kecanduan bermain game menyerupai gangguan kompulsif seperti kecanduan seks.

Kecanduan game adalah gangguan baru yang secara perlahan diakui oleh ahli medis sebagai kasus fatal. Hal ini berkaitan dengan lonjakan banyaknya orang yang kecanduan bermain video game sekarang ini.

Komentar

Rekomendasi

Keluarga Positif Corona yang Viral Usai Main TikTok Dinyatakan Sembuh

Selain Hina Jokowi, Pria Ini Juga Kedapatan Simpan Video Mesum

Anak Meninggal akibat Corona, Satu Keluarga Dikucilkan dan Diusir Tetangga

Viral, ‘RoboCop’ Tetap Semangat Cari Nafkah Rejeki di Lampu Merah Saat Corona

Beredar Video Wanita Terkapar Sambil Kejang-kejang di Kantor Pengadilan Negeri Jakarta

Semua yang Keluar Rumah Wajib Pakai Masker, Jokowi: Segera Siapkan!

Bukan dari PKS, Ini Wagub DKI Jakarta Terpilih Dampingi Anies Baswedan

Puluhan Dokter Wafat di Tengah Corona, IDI Makassar Minta Kiriman Doa

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar