Masuk

678 Tahun Sidrap, Andi Sudirman Dorong Sidrap Jadi Ujung Tombak Kedaulatan Pangan Sulsel

Komentar
DPRD Kota Makassar

Terkini.id – Total keuangan Provinsi Sulsel yang dikucurkan ke Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) sejak tahun 2019 hingga 2022 sebesar Rp234 miliar lebih. 

Hal itu sampaikan oleh Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman yang hadir bersama Plt Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel, Naoemi Octarina pada Rapat Paripurna DPRD dalam rangka 678 tahun Kabupaten Sidrap, Jumat 18 Febuari 2022. Dengan tema “Ekonomi Bangkit, Sidrap Kuat”. 

“Sidrap sudah berumur 678 tahun dan di tahun ini juga provinsi Sulsel telah melakukan sinergitas pembangunan di Sidrap. Secara khusus, Alhamdulillah sudah tercatat sampai tahun ketiga kami, sudah Rp234 miliar APBD Provinsi ke Sidrap,” kata Andi Sudirman Sulaiman.

Baca Juga: Disubsidi Pemprov Sulsel, Ini Harga Tiket dan Rute Penerbangan di Bandara Bone

Selain itu, ia menyerahkan bantuan keuangan daerah sebesar Rp6 miliar. Bantuan ini ditujukan untuk pembangunan jembatan dan rehabilitasi daerah irigasi. 

Tahun ini juga terdapat anggaran kurang lebih sebesar Rp66 miliar, termasuk diantaranya untuk pembangunan infrastruktur jalan ruas Pangkajene – Soppeng, Pembangunan jembatan sungai Malake, dan penyelesaian pembangunan Rest Area.

Andi Sudirman juga berharap Sidrap tetap sebagai sentra produksi beras bagi Sulsel dan Nasional, demikian pula dengan komoditas peternakan ayam petelur. “Harapan kita semunya, Sidrap ini selalu menjadi ujung tombak dalam kedaulatan pangan di Sulsel,” sebutnya.

Baca Juga: Naoemi Octarina Hadiri Rakornas PKK, Iriana Jokowi Harap Bekerja Dengan Ikhlas

Lanjutnya, tahun ini akan dihasilkan benih unggul yang ditangkar oleh Pemprov Sulsel. Penanaman benih ini pun melibatkan petani penangkar. Rencananya, hasil dari benih ini akan dibagikan gratis ke petani.

Tidak ketinggalan, Plt Gubernur tetap mengingatkan untuk dilakukan vaksinasi terutama bagi lansia dan tetap memperketat protokol kesehatan Covid-19.

Sementara, Bupati Sidrap, Dollah Mando menyebutkan, menyebutkan pandemi Covid-19 berdampak pada berbagai aspek termasuk pertumbuhan ekonomi. Ia juga menyampaikan, mewakili pemerintah dan masyarakat Sidrap ucapan terima kasih kepada Pemprov dan Plt Gubernur Sulsel, atas dukungan pembangunan di Sidrap utamanya bidang infrastruktur. 

“Ucapan ini baik yang dilaksanakan langsung oleh Pemprov Sulsel maupun melalui skema bantuan keuangan daerah sebagai bentuk sinergitas pembangunan daerah,” katanya.

Baca Juga: DPRD-Pemprov Sulsel Teken Persetujuan APBD Tahun 2023

Berbagai agenda dilaksanakan pada paripurna ini, selain bantuan keuangan daerah Plt Gubernur juga Penyerahan bantuan 1 Unit mobil operasional untuk optimalisasi penerimaan pendapatan asli daerah, peresmian proyek tahun 2021, penyerahan piagam warisan tak benda Indonesia dari Menteri Pendidikan Indonesia ke Bupati Sidrap.

Andi Sudirman juga melakukan penandatanganan MoU dengan UPC Renewable Limited tentang pengembangan proyek pembangkit listrik energi terbarukan di Provinsi Sulsel. Serta menyaksikan penandatangan PKS antara Sidrap dengan PT Pelindo 4 terkait pelayanan tata pelabuhan dan bidang lainnya.

Sedangkan Bupati Sidrap menyerahan hasil rumusan musyawarah tudang sipulung terpadu Kabupaten Sidrap 2022 ke Andi Sudirman.