Masuk

8 Cara Turunkan Kolesterol Tinggi Tanpa Minum Obat, Salah Satunya Konsumsi Alpukat

Komentar

Terkini.id, Jakarta– Kunci utama menurunkan kolesterol tinggi perlu melibatkan pola makan dan gaya hidup sehat. Berikut 8 cara turunkan kolestrol tinggi tanpa minum obat, salah satunya dengan mengonsumsi alpukat.

Kolesterol tinggi merupakan pemicu penyakit kardiovaskular terutama jantung. Oleh karena itu, penting untuk seseorang melakukan cek kolesterol secara rutin. Berikut cara menurunkan kolesterol secara alami tanpa obat.

1. Kurangi Konsumsi Daging Sapi

Terdapat lemak total sekitar 12-42 gram dan 78-94 mg kolesterol dalam 100 gram daging sapi. Meski mengandung lemak dan kolesterol yang cukup tinggi, daging sapi sebenarnya masih menyimpan banyak manfaat bagi tubuh, seperti sumber protein, zat besi, dan vitamin yang diperlukan tubuh.

Baca Juga: 8 Pola Makan yang Baik Turunkan Kolesterol Tinggi

Dengan kata lain, penderita kolesterol tinggi masih boleh menyantap menu berbahan daging sapi selama konsumsinya tidak berlebihan dan dengan cara yang tepat.

2. Konsumsi Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung lemak baik yang dapat mengurangi kolesterol jahat. Jadi, apabila anda gemar mengonsumsi tumisan atau makanan yang mengandung minyak, gunakanlah minyak zaitun.

3. Kurangi Lemak Jenuh

Kadar kolesterol tinggi di dalam darah dapat meningkat akibat lemak jenuh. Oleh karena itu, sebaiknya anda mengurangi konsumsi produk makanan hewani, seperti daging merah, mentega, kulit ayam, keju, dan minyak goreng. Pasalnya, dalam produk tersebut banyak mengandung lemak jenuh.

4. Konsumsi Alpukat

Baca Juga: Punya Kolesterol Tinggi? Coba Lakukan Hal Ini

Mengonsumsi alpukat dapat menjadi cara untuk menurunkan kolesterol. Hal ini karena buah alpukat mengandung vitamin K, C, B5, B6, E, dan lemak tak jenuh tunggal yang bisa mengatur kadar kolesterol LDL dan HDL, serta trigliserida darah.

5. Konsumsi Makanan Tinggi Magnesium

Mengonsumsi makanan yang tinggi magnesium terbukti dapat mengontrol kadar kolesterol. Menurut hasil penelitian, magnesium bisa mencegah penyumbatan pembuluh darah karena kolesterol dan mampu meningkatkan kesehatan jantung.

Adapun beberapa makanan yang banyak mengandung magnesium di antaranya tempe, tahu, pisang, gandum utuh, sayuran hijau, ikan, kacang-kacangan sampai alpukat.

6. Tidur yang Cukup

Studi membuktikan bahwa terlalu banyak atau kurang tidur sama-sama dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Jadi, pastikan tidur yang cukup untuk menurunkan kolesterol tinggi secara alami.

7. Perhatikan Kalori dalam Makanan