ABDSI Makassar Gelar Training Fasilitator UMKM

ABDSI Makassar Gelar Training Fasilitator UMKM
ABDSI Makassar Gelar Training Fasilitator UMKM

Terkini.id, Makassar – Asosiasi Business Development Services Indonesia (ABDSI) Korda Makassar sebagai wadah yang menghimpun pendamping, penggiat dan pemberdaya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) terus memacu kapasitas melalui pelatihan fasilitator.

Bertempat di Top Ten Caffee, Jalan Toddopuli Makassar,p anggota dan pengurus ABDSI Korda Makassar menggelar Training of Fasilitator (ToF), 27-28 Februari 2020 yang dipandu Bahrul ulum dan Salman Sahmad dari ABDSI Korwil Sulawesi Selatan.

Ketua Korda ABDSI Makassar, Ria Wahyuni mengatakan,ToF sangat penting mengingt gerakan kewirausahaan dan pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terus didorong,maka peran fasilitator sangat penting.

“Fasilitator di ABDSI kita harap dapat berfungsi sebagai pelatih, pendamping, konsultan, maupun mentor dalam meningkatkan usaha sendiri maupun orang lain,” katanya.

Selama 2 (dua) hari penuh para peserta belajar bersama materi seputar karakteristik UMKM dan model pendampingannya, tools pemetaan usaha, mendesain pelatihan, seni fasilitasi, pendampingan profesional dan microteaching.

Menarik untuk Anda:

Ketua Panitia, Ridha Arsyad menambahkan, acara ToF digelar pula dalam upaya penyiapan SDM fasilitator pemberdayaan UMKM di ABDSI Makassar.

“Tahun 2020 ini momentum menyiapkan SDM unggul. Karena itu seharusnya para pendamping memiliki kualitas, kapasitas dan kompetensi tertentu yang berhubungan dengan aspek pemberdayaan dan pengembangan bisnis UMKM,” tambahnya.

Setelah kegiatan ini akan ditindaklanjuti dalam bentuk dukungan pasca pelatihan (after training support) berupa kegiatan bedah bisnis anggota pelaku UMKM dan bedah tools pendampingannya bisnis.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Kemendikbud, TVRI dan Usee TV Disomasi, Dituntut Minta Maaf dan Mengganti Kerugian Hak Cipta Film

Atasi Dampak Covid-19, Abu Darda Indonesia dan Kitabisa Salurkan 1000 Paket Makan Siang Gratis di Maros

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar