Masuk

Afghanistan Diguncang Gempa Berskala 6,1 Magnitudo, Korban Tewas Terus Bertambah

Komentar

Terkini.id, JakartaGempa hebat mengguncang Afganistan pada Minggu 22 Juni 2022 dini pagi, gempa tersebut menewaskan ribuan warga Afganistan. Dampak gempa tersebut juga dirasakan oleh negara tetangganya yakni Pakistan dan India.

Menurut Survei Geologi AS gempa bumi tersebut mengguncang Afghanistan dengan skala 6,1 Magnitudo dan terjadi sekitar 44 KM dari Kota Khost. Hal yang memungkinkan penyebab gempa tersebut karena kualitas bangunan, geografi, dan kepadatan penduduk.

“Karena daerah pegunungan, ada longsoran batu dan longsor yang belum kami ketahui sampai nanti kami laporkan. Bangunan tua kemungkinan besar akan ambruk dan runtuh karena betapa padatnya daerah itu di bagian dunia itu, kami telah melihat di masa lalu gempa bumi serupa menghasilkan kerusakan yang signifikan” tuturnya.

Baca Juga: Hati-hati! WhatsApp Asal India Ini Bisa Mata-matai Obrolan

Dilansir dari detik.com pejabat penanggulangan bencana Afghanistan mengungkapkan bahwa jumlah korban gempa berpotensi akan bertambah banyak, hal tersebut dikarenakan tersendatnya arus informasi yang diterima dari desa-desa terpencil yang berada di pegunungan.

Screenshot Video gempa di Afghanistan (Twitter @BakhtarNA)

Media lokal Afganistan sempat mengunggah beberapa foto dan video yang menunjukkan rumah-rumah sudah menjadi puing-puing. Setelah kejadian itu terjadi, helikopter diarahkan sebagai tempat penyelamatan para korban gempa dan membawa beberapa kebutuhan medis maupun makanan.

“Jumlah korban tewas kemungkinan akan meningkat karena sejumlah desa berada di area-area terpencil di pegunungan dan akan membutuhkan waktu untuk mengumpulkan rinciannya,” ujar Salahuddin Ayubi.

Baca Juga: Anak Pertama Arie Untung Sekolah di Kanada, Netizen: Masih Butuh Ilmunya Kafir Ya, Kenapa Gak di Afghanistan Atau Yaman?

Pejabat kementerian dalam negeri, Salahuddin Ayyubi, juga menyatakan sebagian besar korban tewas gempa bumi ini berada di wilayah Afghanistan bagian timur, tepatnya di provinsi Paktika. Jumlah korban tewas di Paktika sedikitnya  menyentuh angka 255 orang dan 200 orang lainnya mengalami luka-luka.

Tidak hanya itu saja, provinsi Khost juga terkena dampak bencana gempa tersebut, di Provinsi Khost jumlah korban tewas sedikitnya menyentuh angka 25 orang dan 90 orang lainnya dibawa ke rumah sakit.

Fakta lain diungkapkan oleh Badan Seismologi Eropa (EMSC) Guncangan gempa Afganistan juga dapat dirasakan hingga jarak 500 KM, wilayah Pakistan dan India juga terkena dampak dari bencana tersebut.

Guncangan tersebut dirasakan sekitar 119 JT masyarakat yang berada di Pakistan, Afghanistan, dan India. Akan tetapi, di wilayah Pakistan dan India belum terdapat laporan kerusakan ataupun korban dari guncangan ini.