Masuk

Anggarkan Rp1,5 M untuk Beli TV LED 43 Inch, Anggota Dewan Mendapat Hujatan

Komentar

Terkini.id, Jakarta — Baru-baru ini, 1.5 M menjadi trending di jagat twitter. Hal tersebut dikarenakan ternyata Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR telah membuat anggaran Rp1,5 M untuk proyek pengadaan 100 televisi berukuran 43 inchi di ruang kerja. Rencana itu sontak mendapat berbagai tanggapan dari warganet, tak sedikit yang menghujat pengadaan rencana tersebut  

Dikutip dari cnnindonesia.com, melalui situs resmi Sistem Informasi rencana Umum Pengadaan (SiRUP) Lembaga Kebijakan Barang dan Jasa Pemerintah, Proyek pengadaan televisi itu tercatat melalui dalam kode RUP 36341964.

“Pengadaan TV LED 43 inch untuk ruang kerja anggota,” demikian informasi yang tertulis dalam situs tersebut. Dikutip dari cnnindonesia.com.

Baca Juga: Rezki Mulfiati Lutfi Ingatakan Jaga Kesehatan di Musim Penghujan

Dalam situs tersebut tertulis bahwa proyek tersebut menggunakan anggaran tahun 2022, dengan jumlah anggaran sebanyak Rp1.554.000.000 (Rp1,5 miliar) dan bersumber dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Dengan demikian, setiap unit televisi yang hendak dibeli memiliki nilai sekitar Rp15 juta. Setiap unit itu akan mulai dipakai pada Oktober 2022 dengan pemilihan E-Purchasing, seperti yang ditulis dalam situs resmi.

Adanya pengadaan dana sebanyak Rp1,5 M untuk pembelian 100 unit televisi itu banyak menuai kontroversi dari warganet. Tak jarang banyak juga yang menghujat anggota dewan mengenai besaran anggaran tersebut. Bahkan ada yang meminta untuk membubarkan lembaga DPR yang menurut warganet tidak berguna. 

Baca Juga: DPRD Gelar Rapat Paripurna Memperingati Hari Jadi Sulsel ke-353

“Indonesia ada ancaman kena resesi 2023, kemarin ada tragedi kanjuruhan rakyatnya bahu-membahu untuk menolong korban lewat donasi. Eh orang yang SEHARUSNYA DO IT malah sibuk beli tipi.” ungkap warganet dalam akun @belajarajasie. 

“Betul. Harusnya dibubarkan saja. Lembaga yang tidak berguna bagi rakyat. Rakyat sedang demo BBM mereka malah pesta ulang tahun. Gila” @Dania_salsbla

“Enggak, ini gak masuk akal. Ruang kerja dikasi tv itu sudah tanda tanya. Mereka mau kerja atau mau nonton tv? Di sana sudah ada lcd layar lebar, terus buat apa?” @cielestvide

Hingga berita ini terbit, Setjen DPR belum memberikan keterangan mengenai proyek terkait yang menuai banyak kemarahan netizen.