Asap Kebakaran TPA Sampah di Antang Ganggu Pernapasan Warga Sekitar

Asap yang ditimbulkan kebakaran TPA sampah di Antang mengganggu warga sekitar/Echa Panrita Lopi

Terkini.id,Makassar – Warga yang tinggal di sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Kelurahan Tamangngapa Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, merasa terganggu dengan asap kebakaran.

Diketahui kebakaran TPA sampah sejak Minggu, 15 September 2019 kemarin hingga saat ini tumpukan sampah masih mengeluarkan asap.

Pantauan terkini.id, para petugas masih berjibaku untuk menjinakkan si jago merah dengan berbagai cara. Bahkan dari beberapa perumah warga terpantau sejumlah titik kebakaran masih mengeluarkan asap tebal dari sampah yang terbakar.

Penampakan TPA Antang dari jauh

Akibat dari kejadian tersebut beberapa warga yang tinggal di sekitaran area TPA mengaku sesak dan mencium bau plastik terbakar. Apalagi jika angin berhembus bau asap kebakaran semakin menjadi-jadi.

Salah seorang warga yang tinggal di Samata, Ical mengaku sangat terganggu, karena terdampak langsung asap dari sampah yang terbakar. Menurutnya sejak siang Minggu siang bau asap sudah tercium di perumahannya.

“Baunya sejak kemarin, namun yang paling parah saat malam hari. Kami tidak berani keluar dan memilih dalam rumah saja sambil memakai masker,” tuturnya.

Hal serupa juga dirasakan warga yang tinggal jauh dari lokasi kebakaran. Sebut saja Andriani warga Sailong Kabupaten Gowa. Merasakan hal yang sama. Ia mengaku sejak siang bau asap kebakaran sampah sudah tercium. Hanya belum mengetahui dari mana asal kebakarannya.

“Kami kaget saat mencium bau asap kebakaran. Saya mencoba cari tahu ternyata bau asap kebakaran TPA sampah Antang. Semoga kebakarannya segera teratasi karena bisa saja menimbulkan penyakit bagi warga yang bermukim di sekitaran TPA,” imbuhnya.

Terkini.id mencoba memantau perkembangan hingga pagi ini, terdapat seorang pelajar yang bersekolah tidak jauh dari lokasi kejadian punya ide cemerlang untuk menghindari pencemaran pada pernafasan akibat asap yang dikeluarkan kebakaran sampah di TPA.

Sejumlah petugas melakukan pemadaman di lokasi kebakaran

“Sejak kemarin hingga malam banyak warga mengeluh karena terganggu asap kebakaran, makanya tanteku di rumah meminta saya pakai masker ke sekolah. Takutnya gas yang ditimbulkan kebakaran lahan sampah mengeluarkan racun. Jadi saya antisipasi memangmi,” urainya.

Hingga berita ini diunggah, di lokasi TPA juga masih terlihat api yang membakar sampah. Sementara itu, asap terus keluar dari tumpukan sampah yang sudah terbakar tersebut.

Terpantau juga kobaran api tampak semakin besar jika ada angin yang berembus kencang. Sama seperti malam tadi, api semakin hebat karena hembusan angin di malam hari.

Berita Terkait