Jawa Tengah Akan Dibangun Pabrik Tesla, Begini Faktanya

Terkini.id, Jawa Tengah – Menteri investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia memastikan jika pabrik Tesla akan dibangun di pusat kawasan industri Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

“Batang akan jadi pusat kawasan industri terbaik di Indonesia. Di sana akan ada perusahaan-perusahaan besar seperti LG, Foxconn, Tesla pun Insyaallah akan masuk ke sana dan beberapa perusahaan lain,” kata Bahlil usai membuka acara Road to G20: Investment Forum di Hotel Alila, Solo, dikutip dari Detik news, Rabu 18 Mei 2022.

“Dulu Bapak Presiden memerintahkan kami dengan Menko Marves agar Tesla dan Foxconn masuk Indonesia, karena dua perusahaan ini adalah perusahaan besar. Saya merayu Foxconn, Pak Luhut merayu Tesla. Gombalan kita untuk Foxconn lolos. Tesla masih tarik ulur. Berkat tangan dingin dan intuisi presiden, Tesla masuk ke Indonesia,” ungkap Bahlil.

Baca Juga: Pengamat Sebut Gibran Tidur Saja Pasti Menang Pilgub Jateng, Said...

Bahlil mengatakan, investasi akan dilakukan tahun ini. Kerja sama juga akan dilakukan dalam dua bidang yaitu baterai dan mobil listrik.

“Dia (Tesla) akan masuk ke dua bagian industri besar, pertama tentang ekosistem baterai mobil dan mobilnya. Insyaallah tahun ini,” ujar dia.

Baca Juga: Jokowi Tunjuk Gibran Rakabuming Jadi Ketua INASPOC, dr Tifa: Tidak...

Dalam pembangunan pabrik ini juga membuka lapangan pekerjaan nantinya. Ia bekerja sama dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming untuk menyiapkan SDM dan pelatihan akan dipusatkan di Solo Technopark (STP).

“Lapangan kerja yang ada di sana akan dipoles. Kami bekerja sama dengan Pak Wali Kota (Gibran) mengedepankan Solo Technopark. Ini yang akan kami kedepankan, kolaborasi, agar investasi berjalan baik dan pemerataan dilakukan,” kata Bahlil.

Menurut Bahlil, dibangunnya pabrik Tesla di Batang karena wilayahnya yang luas sementara solo memiliki kualitas SDM yang unggul. Dalam kolaborasi ini dilakukan untuk memberi dampak yang lebih besar di industri otomotif.

Baca Juga: Jokowi Tunjuk Gibran Rakabuming Jadi Ketua INASPOC, dr Tifa: Tidak...

“Sebagian kami lakukan di Jateng. Multiplier effect-nya bagus. Yang mempunyai investasi pelatihan, Solo. Kita akui itu. Batang punya wilayah. Ini yang butuh kolaborasi,” ujarnya.

“Harapannya ini jadi kawasan industri terbaik. SMK-SMK dan kemudian Solo Technopark mitra yang paling terdepan,” imbuhnya.

Gibran Rakabuming dalam kesempatan ini siap membantu melatih SDM melalui STP.

“ Meskipun pabriknya bukan di Solo, tapi kami diberi pelatihan untuk SDM. Itu nanti akan dilakukan di Solo Technopark,” kata Gibran.

Bagikan