Masuk

Mengenal Refugee Olympic Team, Siapa Dan Bagaimana Mereka Sebenarnya

Komentar

Terkini.id – Refugee Olympic Team sebenarnya bukan nama baru dalam perhelatan olimpiade yang diselenggarakan tahun ini di Tokyo, Jepang. Ini adalah kali kedua keikutsertaan mereka dalam ajang 4 tahunan ini setelah keikutsertaannya pada Olimpiade Rio de Jainero, 2016 silam.

 

Dikutip dari olympics.com, Presiden IOC Thomas Bach mengumumkan pembentukan Refugee Olympic Team (Tim Olimpiade Pengungsi) didasari pada Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada bulan Oktober 2015.

Baca Juga: Bangkit Usai Dikritik Legenda Bulutangkis, Jonathan Christie Juarai Swiss Open 2022

 

Dihadapkan dengan krisis pengungsi global yang telah menyebabkan jutaan orang di dunia mengungsi, diharapkan pembentukan tim ini dapat mewadahi mereka para pengungsi yang memiliki bakat olahraga yang mumpuni.

 

Baca Juga: German Open 2022, Indonesia Disebut Gagal Juara Badminton Usai Andalan Tanah Air Berguguran!

“Ini akan menjadi simbol harapan bagi semua pengungsi di dunia, dan akan membuat dunia lebih sadar akan besarnya krisis ini. Ini juga merupakan sinyal bagi komunitas internasional bahwa pengungsi adalah sesama manusia dan merupakan pengayaan bagi masyarakat. “ ungkap Thomas Bach.

 

Nama Refugee Olympic Team menjadi pembicaraan Netizen di Indonesia setelah Aram Mahmoud, atlet perwakilannya dari sektor bulutangkis berjumpa salah satu atlet andalan Indonesia, Jonathan Christie. Pertandingan yang digelar di Musashino Forest Sport Plaza pada Sabtu, (24/7/2021) ini berkesudahan dengan kemenangan Jonathan Christie dengan skor 21-8, 21-14.

 

Baca Juga: Patah Hati Gak nih? Jonatan Christie Ungkap Kabar Bahagia, Tunangan dengan Shanju Eks JKT48! Cinta Bersemi di Gereja

Aram Mahmoud diketahui adalah pengungsi yang berasal dari Suriah dan sekarang tinggal di Belanda. Selain Aram, beberapa atlet lain yang juga merupakan kontingen dari Refugee Olympic Team di Olimpiade Tokyo tahun ini diantaranya adalah Cyrille Tchatchet II dari cabang olahraga (cabor) Angkat Berat, Yusra Mardini dari cabor Renang, Hamoon Derafshipour dari cabor Karate, dan beberapa atlet lainnya.