Pandemi COVID-19 Masih Ada, BNN Mengungkapkan Pengguna Narkoba Meningkat

Terkini.id, Jakarta – Status COVID-19 memang masih ada, bahkan diseluruh dunia. Dengan surutnya angka pasien COVID-19, itu sudah menjadi kabar baik untuk negara Indonesia.

Tetapi kabar tidak menyenangkan datang dari BNN. Salah satunya yaitu meningkatnya pengguna narkoba selama masa pandemi ini. 

Dilansir dari CNN Indonesia (Minggu 19 Juni 2022), hal meningkatnya pengguna narkoba tersebut diungkapkan oleh Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Petrus Reinhard Golose, saat beliau ditemui di Auditorium Widyasaba, Kampus Universitas Udayana, Bali.

Baca Juga: Diduga Berkaitan Narkoba dan Perselingkuhan Jadi Motif Pembunuhan Brigadir J!

Kita ketahui bersama angka prevalensi drug abuse di Indonesia meningkat walaupun dalam suasana Covid-19. Jadi dari 1,8 persen menjadi 1,95 persen, berarti naik sekitar 0,15 persen walaupun dalam situasi Covid-19,” ungkap Petrus.

Untuk langkah berikutnya, BNN segera untuk melakukan pencegahan. BNN melakukan dua strategi untuk memberantas narkoba yaitu dengan rehabilitasi dan penanggulangan narkotika dengan soft power.

Baca Juga: Ngaku Dapat Informasi Motif Pembunuhan Brigadir J, Pengacara: Diduga Berkaitan...

Tentunya, bagaimana kita melakukan pencegahan. Kemudian bagaimana kita melakukan empowering atau pemberdayaan masyarakat dan bagaimana kita melangsungkan rehabilitasi,” lanjutnya.

BNN kemudian menambahkan bahwa fasilitas rehabilitasi untuk pengguna narkotika di kota-kota besar dan Bali meningkat pesat hingga 70 persen.

Saat ini, tingkat hunian di Lapas kota-kota besar termasuk di Bali, termasuk di tempat yang lain juga lebih dari 70 persen. Jadi, kalau kita liat prevalensi tadi 1,8 persen naik 1,95 persen. Tingkat hunian (di Lapas) juga meningkat di Lembaga Permasyarakatan. Tapi kalau kita liat juga prevalensi dibandingkan dengan dunia, kita masih di bawah,” lanjutnya.

Baca Juga: Ngaku Dapat Informasi Motif Pembunuhan Brigadir J, Pengacara: Diduga Berkaitan...

Dengan itu, BNN menutup wawancara dengan mengatakan bahwa mereka akan berusaha semaksimal mungkin untuk mencegah dan mengurangi situasi terkini.

Bagikan