Bolehkah Mandi Air Dingin Saat Cuaca Panas? Begini Saran Ahli

Terkini.id – Cuaca panas bisa membuat ketidaknyamanan dan kesulitan tidur nyenyak sepanjang malam. Tapi, Dominic Less-Bell, ahli kamar mandi mengatakan mandi air panas bisa membantu menenangkan diri sebelum tidur ketika cuaca panas.

Para ahli di Drench menganggap mandi air panas adalah kunci untuk menurunkan suhu tubuh Anda sebelum tidur ketika cuaca panas. 

Dominic menyarankan mansi air panas untuk mendinginkan tubuh selama cuaca panas.

Baca Juga: Ternyata Cuci Ayam dengan Air Tidak Efektif, Berikut Cara yang...

“Banyak yang ingin membeli kipas angin atau botol air panas yang membekukan untuk mendinginkan tubuh ketika cuaca panas. Tapi, mandi air panas salah satu cara paling sederhana dan lebih baik,” jelas Dominic seperti dikutip suaracom jaringan terkini.id, dari Express.

Cara ini mungkin kedengarannya tidak masuk akal untuk menenggelamkan diri Anda ke dalam cuaca panas di luar, tapi sains mendukung teori tersebut.

Baca Juga: Eits, Tidur Jangan Ngasal karena Bisa Pengaruhi Kesehatan Loh!

Sebuah laporan dalam jurnal Sleep Medical Review mengungkapkan bahwa tidur dan suhu inti tubuh diatur oleh jam sirkadian otak yang mendorong pola tidur dan terjaga selama 24 jam.

Suhu tubuh kita paling rendah saat tidur dan penurunan suhu tubuh setelah mandi membantu Anda tidur nyenyak. Jika Anda berkeringat saat ingin tidur, sebaiknya Anda jangan mandi dengan air dingin.

“Mandi air dingin bisa menjadi kontraproduktif karena ketika tubuh kita terendam dalam kondisi yang sangat dingin, ia mencoba mengatur suhu inti kita,” jelasnya.

Baca Juga: Kepala Bappeda Makassar Sebut Pemulihan Ekonomi dan Kesehatan Bukan Pilihan

Artinya, Anda akan merasa lebih panas karena mandi air dingin sebelum tidur ketika cuaca panas. Sebaliknya, mandi air panas justru berdampak sebaliknya.

“Mandi air panas bisa menurunkan suhu tubuh kita karena merangsang sistem termoregulasi tubuh. Ini bisa meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh dan membuang hawa panas pada tubuh untuk menurunkan suhu tubuh,” bebernya.

1 2
Selanjutnya
Bagikan