Curah Hujan Tinggi, Jalan Poros dan Rumah Warga di Jeneponto Tergenang Air

Terkini.id, Jeneponto – Curah hujan yang tinggi di Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto mengakibatkan jalan poros Rumbia tidak bisa dilewati kendaraan akibat tergenang banjir.

Tak hanya jalan poros Rumbia yang tergenang, namun rumah warga juga ikut tergenang air kiriman dari gunung.

“Genangan air terparah tepatnya di Desa Rumbia, itu akibat curah hujan di Rumbia hari ini cukup tinggi, mulai tadi siang sampai dengan malam ini masih hujan deras,” kata Dewan Pembina Tagana Jeneponto, Rusli Ramli, Jumat, 12 Juni 2020.

Baca Juga: 1 Miliar Lebih Dana DPRD Jeneponto Dibawa Kabur Preman

Banjir di Kecamatan Rumbia tersebut nyaris menyeret satu unit mobil Toyota Avanza, para warga pun berupaya mengevakuasi penumpang mobil itu.

Sementara, Dandim 1425 Jeneponto Letkol Inf Irfan Amir mengatakan, kondisi debit air Bendungan Kareloe hingga pukul 21.11 Wita mengalami peningkatan di level 150, normal 100.

Baca Juga: Vonny Ameliani Tinjau Langsung Pembangunan Jalan di Jeneponto

“Dengan kondisi debit air itu, kemungkinan berdampak ke DAS Jombe, Munte, Sapanang, Lembang Loe, Balang, Pabiringa,” kata Letkol Inf Irfan Amir.

Lanjut Dandim, debit air di Sungai Tamanroya dan Sarroanging, Kecamatan Tamalatea, Jeneponto hingga pukul 21.30 Wita, juga sudah mulai naik.

“Update DAS Buluko debit air naik sehingga akan berpengaruh ke debit air Boyong,” jelas Letkol Inf Irfan Amir.

Baca Juga: Plt Gubernur Sulsel Berhentikan dengan Hormat Hj Salmawati sebagai Ketua...

Letkol Inf Irfan Amir mengimbau agar warga yang berada di bantaran sungai tetap tenang sambil mencari daerah ketinggian.

“Prediksi di Jombe air akan naik sampai di kolong rumah warga,” kata Dandim Jeneponto.

Bagikan