Dampak Iklan di Alam Bawah Sadar Manusia

“ANY time is a good time for Coca Cola.” Coca Cola tepat dinikmati setiap saat. Itu pesan iklan. Salah satu peluang yang tepat untuk menampilkan iklan tersebut ke jutaan pemirsa pelaksanaan acara rahunan “American Idol.”

Apakah dampaknya pada pikiran dan tindakan pemirsa?

Orang yang tahu tentang ancaman minuman Coca Cola terhadap kesehatannya, dengan sadar menolak minuman tersebut.

Akan tetapi, penelitian membuktikan bahwa iklan sedemikian ini terekam di bawah sadar para pemirsa, dan sewaktu-waktu dapat mendorongnya untuk memilih Coca Cola sebagai minuman yang tidak berbahaya bagi kesehatannya.

Inilah temuan yang dikemukakan oleh John Bargh di dalam bukunya, “Before You Know It.”

Pesannya, sebelum orang menyadarinya, ia sudah dipengaruhi oleh iklan yang dilihatnya, yang bermuara pada tindakannya.

Perhatikan saja iklan-iklan yang muncul dengan teks yang aneh-aneh.

Aneh, tetapi yang aneh itu justru terekam di bawah sadar, dan potensial akan mempengaruhi orang dalam pengambilan keputusannya kemudian.
Waktu sudah berlalu, tetapi rekamannya masih ada di bawah sadar.

Dalam kampanye pemilihan umum juga sudah biasa terjadi dimunculkannya pendapat yang aneh-aneh oleh juru kampanye.

Apa yang aneh itu potensial terekam di bawah sadarnya, dan kemudian mempengaruhi pikiran dan keputusannya.

Lebih efektif lagi jika yang aneh-aneh itu dimunculkan berulang-ulang, sehingga muncul gejala yang dinamakan “firehose of falsehood” (semprotan kebohongan).

Saran: Menghadapi iklan yang merangsang perasaan, pikir lebih panjang dan hindari keputusan mendadak. Bandingkan keinginan dan kebutuhan.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Opini

Teka-teki Skenario Akhir Demo di Hong Kong

TEKA-teki skenario akhir demo di Hongkong terjawab. Minggu malam lalu.Malam itu kelompok radikal kembali ke markas mereka: di The Hong Kong Polytechnic University. Jumlahnya
Opini

Mengapa Ahok Perlu Memimpin Pertamina?

TADINYA, sistem pengelolaan Migas di Indonesia menerapkan skema bagi hasil atau Production Sharing Cost (PSC) cost recovery.Namun sekarang sudah diganti dengan skema Gross Split.
Opini

Hong Kong Sedang Merusak Dirinya Sendiri

MULANYA adalah kriminal biasa. Chan Tong-Kai, remaja Hongkong usia 20 tahunan menikmati liburan bersama kekasihnya Poon Hiu-wing di Taiwan, Fabruari 2018.Tapi tampaknya pasangan itu
Opini

Pengusaha Terseret

ACARANYA makan siang. Dengan delapan pengusaha besar di Jakarta. Hanya makan siang. Masakan Italia. Di Shangri-La Hotel.Saya memanfaatkannya untuk survei kecil-kecilan. Saya tanya mereka
Opini

Bangga Claudia

WARTAWAN Radar Cirebon saya minta ke Grage City Mall. Ke lantai 2. Di situ ada gerai cepat saji. Namanya sangat masa kini: Pota Friend."Tutup
Opini

Produksi Garam Jeneponto Semakin Merosot

GARAM merupakan bumbu masak yang paling sering digunakan oleh ibu rumah tangga. Tidak lengkap rasanya jika suatu masakan tidak ditambahkan garam. Berbicara mengenai garam,
Opini

Putusan Ayodhya

Satu masjid.Ribuan orang tewas.Entah masih akan berapa ribu lagi.Tergantung apa yang akan terjadi berikutnya. Setelah ada putusan mahkamah agung Sabtu kemarin.Ini bukan sembarang masjid:
Opini

Ibu Kota Sepaku

SAYA ke ibu kota Indonesia. Sabtu kemarin. Setelah acara wisuda di Universitas Mulia Balikpapan.Ke sebelah mananya?Ke pinggirnya.Belum bisa ke tengahnya? Belum ada jalan ke
Opini

Ikut Ribut Tentang Cadar dan Cingkrang

WACANA melarang ASN memakai celana cingkrang dan cadar, menjadi bola panas. Sepekan sudah masalah ini jadi polemik. Berkepanjangan, digoreng sana-sini, dikomentari ragam kalangan.Padahal, aturan