Denny Siregar: Kadrun Bingung, Ribka Tjiptaning yang Mereka Bilang Anak PKI Juga Gak Mau Divaksin

Denny Siregar
Denny Siregar. (Cokro TV)

Terkini.id, Jakarta – Pegiat media sosial, Denny Siregar menyindir para kadrun usai Politisi PDIP Ribka Tjiptaning menolak untuk divaksin Covid-19 dan lebih memilih membayar denda.

Lewat cuitannya di Twitter, Rabu 13 Januari 2021, Denny Siregar menilai sikap kadrun yang juga enggan untuk divaksin sama halnya dengan Ribka Tjiptaning.

Menurutnya, kadrun jadi bingung lantaran Ribka yang mereka sebut anak dari simpatisan Partai Komunis Indonesia (PKI) juga menolak untuk divaksin.

“Kadrun bingung. Mereka gak mau di vaksin, Ribka Ciptaning yang mereka bilang anak PKI juga sama-sama gak mau,” cuit Denny Siregar.

Ia pun mengungkapkan bahwa kadrun punya prinsip untuk tidak meniru suatu kaum manapun.

Menarik untuk Anda:

Namun ternyata, kata Denny Siregar, mereka para kadrun dan Ribka memiliki sikap yang sama yakni sama-sama menolak untuk divaksin.

“Padahal kadrun punya prinsip, ‘Janganlah kamu meniru suatu kaum’,” tuturnya.

Sebelumnya, Anggota Komisi IX DPR dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Ribka Tjiptaning menolak untuk mengikuti program vaksinasi Covid-19.

Ribka mengisyaratkan masih meragukan keamanan dari vaksin Sinovac tersebut.

“Kedua, soal vaksin, saya tetap tidak mau divaksin meskipun sampai yang usia 63 tahun bisa divaksin,” kata Ribka dalam Rapat Kerja Komisi IX dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang digelar secara daring.

Wanita berusia 61 tahun itu mencontohkan sejumlah konsekuensi usai dilakukan program vaksinasi, seperti vaksin polio dan vaksin kaki gajah.

Menurut catatan Ribka Tjiptaning, program vaksin tersebut menimbulkan dampak seperti lumpuh hingga meninggal dunia di beberapa daerah.

“Jadi, jangan main-main dengan vaksin ini. Saya bilang saya yang pertama menolak vaksin,” tegasnya.

Sekadar diketahui, istilah kadrun versi Denny Siregar awalnya muncul dari perdebatan di media sosial antara golongan pro dan oposisi dari kelompok dengan identitas agama Islam yang menggunakan cara kekerasan.

Menurut Denny, kadrun adalah istilah untuk mereka oknum kelompok beragama, yang seringnya Islam namun menggunakan cara kekerasan dan mengatasnamakan Islam untuk kepentingan mereka.

“Sesudah perdebatan cukup panjang di media sosial dengan nama-nama yang unik untuk mereka, terpilihlah istilah kadrun sebagai sebutan yang ikonik dan mudah diingat,” kata Denny Siregar dalam videonya yang tayang di kanal Youtube Cokro TV pada Juni 2020 lalu.

Ia mengatakan, kadrun adalah singkatan kadal gurun yakni binatang kadal yang hidup di Timur Tengah di padang pasir.

Menurut Denny Siregar, sebutan kadrun bagi kelompok yang ia maksud itu sama dengan perilaku kadal gurun di Timur Tengah.

“Dia (kadrun) selalu bersembunyi di dalam pasir, mengintip-ngintip situasi, dan baru keluar kalau ada makanan. Mirip kan?,” ujarnya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Warga Sulbar Diguncang Gempa, Fahri Hamzah Minta Mensos Risma Segera Turun Tangan

Habib Ali Assegaf Wafat, Rizieq Shihab: Beliau Berikan Secarik Kertas yang Harus Saya Amalkan

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar