Destinasi Wisata Halal di Pekanbaru untuk Menyemarakkan Liburan Anda

Perpustakaan Soeman H.S (sumber: wisatasumatera.com)

Terkini.id, Pekanbaru – Tren wisata halal makin banyak digemari, terutama di negara berpenduduk muslim. Pekanbaru pun melirik potensi pariwisata halal dan berupaya untuk menjadi destinasi wisata halal unggulan di Indonesia.

Upaya tersebut diwujudkan pemerintah dengan manggandeng pelaku usaha wisata halal di bidang kuliner, ritel, hingga jasa perjalanan wisata.

Pekanbaru sendiri memiliki sejumlah destinasi wisata yang mengakomodasi kebutuhan pelancong muslim. Tak hanya menghadirkan tempat wisata bernuansa religi, akses untuk mendapatkan makanan halal dan akomodasi yang sesuai Muslim Travel Index (MTI) pun tak lupa dihadirkan untuk melengkapi kebutuhan wisata.

Lantas, apa saja sih destinasi wisata halal di Pekanbaru yang layak disambangi? Cari tahu daftar lengkapnya berikut ini:

Istana Siak Sri Indrapura

Istana Siak Indrapura (sumber : pesona.travel)

Pekanbaru memiliki warisan sejarah kesultanan Melayu yang menarik untuk dipelajari. Istana Siak Sri Indrapura merupakan bukti kejayaan Kesultanan Siak.

Menarik untuk Anda:

Saat mendatangi area istana, Anda akan berdecak kagum melihat arsitekturnya yang menakjubkan bak kastel abad 18 di Timur Tengah.

Bangunan Istana Siak mengadopsi konsep arsitektur khas Timur Tengah, Melayu, dan Eropa. Dinding istana dilapisi keramik yang didatangkan langsung dari Perancis.

Terdiri dari 2 lantai, Istana Siak Sri Indrapura memiliki 9 ruangan yang didesain untuk sultan serta satu ruangan untuk tamu kerajaan. Wisatawan pun dapat melihat berbagai koleksi peninggalan Kesultanan Siak seperti lukisan, singgasana berlapis emas, duplikat mahkota raja, serta patung perunggu Ratu Wilhelmina.

Lokasi: Jalan Sultan Syarif Kasim, Kecamatan Kampung Dalam, Siak, Pekanbaru.

Jam Operasional: 08.00-18.00 WIB

Tiket masuk: Rp5.000

Anjungan Seni Idrus Tintin

Anjungan Seni Idrus Tintin (sumber : trapedia.com)

Dilihat dari kejauhan, Anjungan Seni Idrus Tintin tampak megah dan elegan. Mengusung konsep arsitektur khas Melayu, bangunan anjungan didominasi warna keemasan yang cantik dari ornamen dindingnya.

Tempat pameran seni ini diambil dari nama seorang seniman Melayu legendaris yang banyak menelurkan karya untuk teater Riau.

Anjungan Seni Idrus Tintin bahkan pernah menjadi lokasi perhelatan Festival Film Indonesia pada 2007 silam. Hingga saat ini, Anjungan Seni Idrus Tintin masih menjadi lokasi pagelaran musik, teater, dan tari tradisional.

Bangunan megah anjungan bahkan mampu menampung 600 orang dan didukung sistem suara dan pencahayaan berstandar internasional.

Lokasi: Kompleks Bandar Seni Raja Ali Haji, Pekanbaru.

Jam Operasional: 09.00-17.00

Perpustakaan Soeman H.S

Perpustakaan Soeman H.S (sumber: wisatasumatera.com)

Bangunan dengan bentuk menyerupai buku yang sedang dibuka ini merupakan perpustakaan termegah di Pekanbaru. Konsep arsitekturnya yang unik mungkin menjadi alasan banyak orang yang menyambangi lokasi perpustakaan untuk berburu foto.

Di samping keindahan bangunannya, fasilitas yang tersedia di Perpustakaan Soeman H.S pun relatif lengkap. Buku-buku klasik dan modern dapat Anda temukan dengan mudah di sini. Akses internet nirkabel, komputer, dan ruang baca ber-AC turut dihadirkan agar pengunjung dapat lebih nyaman.

Lokasi: Jalan Jenderal Soedirman No. 462, Jadirejo, Sukajadi, Pekanbaru.

Jam Operasional: 09.00-17.00 WIB

Daftar tempat wisata di atas hanya sekelumit destinasi wisata halal yang tersedia di Pekanbaru. Tidak sulit menemukan tempat wisata yang mengutamakan konsep halal.

Selagi musim libur panjang masih jauh, segera persiapkan rencana liburan di Pekanbaru mulai sekarang. Pesan hotel syariah di Pekanbaru untuk liburan yang lebih nyaman dan asyik. Di seluruh penjuru kotanya, terdapat deretan hotel yang berada tak jauh dari pusat hiburan dan wisata.

Agar lebih mudah, booking hotel murah online melalui aplikasi dan situs pemesanan. Cukup kunjungi web Airy untuk mencari tahu daftar hotel murah di Pekanbaru. Untuk transaksi yang lebih nyaman, instal aplikasi smartphone yang tersedia di Play Store dan App Store.

Proses pemesanannya pun mudah dan cepat. Anda dapat melengkapi pembayaran melalui ATM, kartu kredit, maupun minimarket terdekat.

Jaminan fasilitas yang disediakan Airy bakal membuat menginap terasa lebih menyenangkan. Jadi, jangan ragu mempercayakan kebutuhan akomodasi Anda pada Airy!

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Keindahan Pantai Singku Lowu-Lowu di Buton Tengah Sulawesi Tenggara

Wisata Air Terjun Madakaripura, Destinasi Favorit Warga Jawa Timur

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar