Simak Itinerari di Kota Solo Selama 3 Hari Berikut!

Pasar Ngarsopuro (sumber : adira.co.od)
Pasar Ngarsopuro (sumber : adira.co.od)

Terkini.id, Solo – Kota Surakarta atau yang akrab disebut sebagai Solo merupakan salah satu kota yang ada di Jawa Tengah. Solo yang memiliki slogan “The Spirit of Java” ini telah mewarisi kebudayaan Jawa Kuno sejak dahulu. Tak hanya sejarahnya yang kaya, kota ini juga mempunyai banyak destinasi liburan yang sayang jika sampai terlewatkan.

Jika Anda ingin mengunjungi kota ini, sebaiknya simak itinerari terbaik di Solo selama 3 hari berikut!

Hari Pertama

1. Taman Sriwedari

Pintu Masuk Taman Sriwedari (sumber : wikipedia.org.jpg)

Anda bisa langsung pergi ke Taman Sriwedari ketika berada di pusat kota. Cukup menempuh waktu 5 menit dan temukan taman ini di Jalan Slamet Riyadi No. 275, Laweyan. Taman Sriwedari menjadi lokasi diselenggarakannya tradisi hiburan “Malam Selikuran”. Yuk, berburu foto di taman ini!

2. Pasar Malam Ngarsopuro

Anda cukup menempuh perjalanan sekitar 3 menit dari Taman Sriwedari untuk mencapai pasar ini. Pasar Malam Ngarsopuro terletak di Jalan Diponegoro, Keprabon, Banjarsari. Anda dapat menikmati semarak akhir pekan dengan adanya konser musik, pedagang-pedagang kerajinan tangan serta makanan. Perlu diingat bahwa pasar ini hanya dibuka selama 4 jam, ya.

Hari Kedua

1. Keraton Surakarta Hadiningrat

Keraton Surakarta (sumber : youtube.com)

Jika menginap di sekitar Pasar Malam Ngarsopuro, Anda bisa langsung ke istana ini dengan menempuh perjalanan sekitar 5 menit. Keraton Surakarta Hadiningrat berada di Baluwarti, Pasar Kliwon. Tempat ini merupakan istana resmi Kasunanan Surakarta yang didirikan oleh Susuhunan Pakubuwana II di tahun 1744. Warisan budaya Indonesia ini sangat cocok sebagai destinasi liburan pertama Anda.

2. Benteng Vastenburg

Benteng Vastenburg (sumber : cagarbudaya.kemendikbud.go.id)

Setelah asyik berkeliling Keraton Surakarta Hadiningrat, Anda dapat menuju Benteng Vastenburg dengan menempuh perjalanan selama 8 menit. Benteng bersejarah yang berada di daerah Kedung Lumbu ini merupakan peninggalan era kolonial Belanda. Arsitekturnya yang klasik sangat cocok dijadikan sebagai latar foto.

3. Timlo Sastro

Sudah selesai berkeliling tempat bersejarah? Yuk, tempuh waktu 1 menit untuk menuju Timlo Sastro. Berjalan-jalan tentunya melelahkan sehingga Anda membutuhkan asupan energi. Menu timlo di warung ini siap memanjakan lidah dengan cita rasa gurihnya.

Hari Ketiga

1. Pandawa Water World

Apabila Anda menginap di sekitar Timlo Sastro, butuh waktu 16 menit untuk mencapai tempat rekreasi ini. Di hari terakhir ini, tidak ada salahnya untuk mengunjungi wahana air untuk menyegarkan diri. Terdapat berbagai kolam renang, permainan seluncur, dan wahana ombak buatan di sini. Kunjungi segera di Kompleks Pandawa, Jalan Cemara Raya Gedangan, Grogol.

2. Alun-Alun Kidul Surakarta

Alun-Alun Kidul Surakarta (sumber : google.com)

Setelah bermain air seharian, waktunya untuk bersantai di Alun-Alun Kidul Surakarta. Alun-alun ini bisa dicapai dengan waktu 13 menit dari Pandawa Water World. Letaknya ada di Jalan Gading, Gajahan, Pasar Kliwon. Jangan lupa menjajal hidangan-hidangan yang ramah di kantong, seperti es degan, wedang asle, jagung bakar, dan wedang ronde. Kemudian, cicipi makanan sambil menikmati suasana malam hari di alun-alun ini.

Itulah itinerari terbaik di Solo selama 3 hari yang bisa Anda jadikan pedoman. Dalam waktu singkat, Anda sudah bisa berlibur ke banyak tempat dengan rute yang mudah. Bawalah barang-barang secukupnya agar tidak memberatkan selama perjalanan.

Nah, saatnya memesan tiket pesawat ke Solo. Anda dapat menemukan harga tiket pesawat Lion Air yang sesuai bujet melalui Airy. Terjadi masalah saat liburan? Ajukan pengembalian dana atau perubahan jadwal langsung dari aplikasinya. Nikmati transaksi yang tidak mengecewakan dan bebas dari penipuan.

Untuk masalah akomodasi, serahkan juga pada Airy, karena Airy menyediakan beragam hotel di Solo dengan kualitas terbaik dan harga yang kompetitif. So, tunggu apa lagi? segera rencanakan liburan Anda ke Solo.

Komentar

Rekomendasi

Taman Wisata Puncak Bila Tutup Sementara, Ini Alasannya

Wabah Covid-19, Sektor Pariwisata Kota Makassar Anjlok

Nikmati Panorama Alam Samarinda di 5 Destinasi Berikut Ini!

Yuk Berburu Foto Cantik di 5 Destinasi Instagrammable Semarang Ini

5 Kelebihan Airy Syariah ini Cocok untuk Wisata Halal di Padang

4 Tempat Wisata Kuliner Halal di Yogyakarta

Seru-Seruan Bareng Keluarga di Malang? Nih, Rekomendasi Tempatnya

Keren, Inilah Pammase Dewata, Obyek Wisata Baru di Sidrap

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar