Diikuti 20 Peserta, Disdikbud Jeneponto Gelar Seleksi Afirmasi Perguruan Tinggi

Disdikbud Jeneponto
Diikuti 20 Peserta, Disdikbud Jeneponto Gelar Seleksi Afirmasi Perguruan Tinggi

Terkini.id, Jeneponto – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jeneponto menyelenggarakan seleksi penerima beasiswa perguruan tinggi tahun ajaran 2019 dengan melaksanakan ujian tertulis, Selasa, 18 Juni 2019.

Ujian tertulis yang dilaksanakan di aula guru kantor Dinas Lendidikan dan Kebudayaan Jeneponto, Jalan Jalil Sikki itu diikuti 60 calon mahasiswa penerima beasiswa.

Pelaksanaan seleksi Afirmasi Perguruan Tinggi (ADiK) dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jeneponto, Nur Alam Basir dan dihadiri Kabid pembinaan Ketenagaan Rachmat Sasmito, serta ibu Pembina ADIK Jeneoonto, Kasi Kurikulum Pendidikan SMP, Hj Syahru Rahmadhani, dan Pengawas ADiK dari Provinsi.

“Peserta ADIK diikuti oleh lulusan SMA sederajat dari Kabupaten Jeneponto, Tator, Bone, Bandung selatan, Sebatik, Bulukumba, Sabang Malaysia, Sinjai, peserta dari Jeneponto sebanyak 40 orang dan TKI sebanyak 22 orang,” jelas Nur Alam Basir.

Menurut Nur Alam Basir, 60 peserta ujian itu adalah peserta  untuk dua program afirmasi pendidikan.

“Ujian tertulis ini diikuti 40 lulusan sekolah lanjutan atas se-Kabupaten Jeneponto, itu untuk program afirmasi pendidikan daerah 3T, dan 20 lainnya merupakan program afirmasi Pendidikan TKI, untuk daerah perbatasan, dimana tahun ini mayoritas untuk penempatan di Malaysia,” jelas Nur Alam Basir.

Kerjasama tahun kedua Pemkab Jeneponto dan Kemenristek Dikti

Nur Alam mengaku, program itu merupakan kerjasama Pemerintah Kabupaten Jeneponto dengan Kemenristek Dikti di tahun kedua.

“Program ini sudah 2 tahun berjalan, tahun lalu 16 orang yang lolos penerima beasiswa, Insyaallah tahun ini kita maksimalkan kuota yang ada, sebagai satu-satunya daerah penerima program afirmasi pendidikan di Sulsel,” ujarnya.

Hal ini, kata dia, untuk memanfaatkan status daerah 3T dalam rangka mendorong sebanyak mungkin putra putri Jeneponto dalam melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi di Indonesia dengan dana pemerintah.

Berita Terkait
Komentar
Terkini