Diikuti Puluhan UMKM Sulsel, Satgas LPDB-KUMKM Gelar Sosialisasi

UMKM Sulsel
Diikuti Puluhan UMKM Sulsel, Satgas LPDB-KUMKM Gelar Sosialisasi

Terkini.id, Makassar – Satuan Tugas (Satgas) monitoring Lembaga Pengelola Dana Bergulir-Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (LPDB- KUMKM) Sulawesi Selatan menggelar sosialisasi di kantor PLUT Sulsel, Jalan Metro Tanjung Bunga, Makassar.

Kegiatan yang dilaksanakan Rabu, 13 November 2019 ini diikuti puluhan pelaku UMKM binaan PLUT Sulsel yang dirangkaikan kelas inkubasi bisnis.

Dalam kegiatan ini hadir kepala kantor Satgas LPDB Sulawesi Selatan, Sutan Wijoyo bersama sejumlah staf. Hadir pula kepala UPT PLUT Sulsel, Andi Diah, Koordinator Konsultan Bahrul Ulum Ilham, Konsultan Pembiayaan Nurfitrani, dan konsultan PLUT lainnya.

Kepala UPT PLUT Sulsel, Andi Diah menyebut, kegiatan ini sangat penting bagi KUMKM agar mengetahui layanan LPDB sehingga bisa mengoptimalkan penyaluran dana bergulir melalui LPDB.

“Kegiatan sosialisasi ini akan diindaklanjuti para konsultan PLUT dengan pendataan dan bimbingan bagi UMKM, khususnya dalam pencatatan keuangan,” ujarnya.

Dalam paparan awalnya, Sutan Wijoyo mengatakan, Kantor Satgas LPDB Sulsel merupakan perpanjangan tangan LPDB dalam rangka monitoring yang juga menjadi lembaga ‘penjemput bola’ di daerah dengan bersinergi dengan berbagai pihak, antara lain Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Sulsel.

“Kami juga mengundang pelaku KUMKM ke kantor Satgas untuk bisa konsultasi, terutama bila ingin menyampaikan proposal pembiayaan,” ujar Sutan.

“Koperasi dan UMKM di Sulsel dapat mengajukan permohonan bantuan minimal Rp250 juta dan maksimal Rp10 miliar. LPDB juga telah memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) Pinjaman dalam memberikan pelayanan ke mitra koperasi dan UMKM,” sambungnya.

Ditambahkannya, pada tahun 2019, target penyaluran LPDB sebesar Rp1,5 triliun, dengan perincian Rp525 miliar (syariah) dan Rp975 miliar untuk konvensional.

Dalam kegiatan ini, puluhan UMKM binaan PLUT juga mendapatkan pendampingan langsung terkait pengelolaan keuangan.

Materi dibawakan konsultan pembiayaan PLUT Sulsel Muh. Nurfitrani. Materi yang difokuskan pada pencatatan keuangan usaha sangat dibutuhkan dalam menjalankan sebuah usaha guna menyusun, mengelola, memanajemen, membuat laporan keuangan dan mempertanggungjawabkan keuangan.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Ekobis

Telkomsel Sebar Kebahagiaan di Akhir Tahun

Terkini.id, Makassar - Telkomsel kembali menghadirkan Roadshow Natal dan Tahun Baru (Naru) 2019 yang akan memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. Kepada 2.000 anak
Bisnis

Kalla Aspal Rayakan HUT ke-31 Tahun

Terkini.id, Makassar – 31 tahun yg lalu, tepatnya pada 07 Desember 1998 Kalla Group mendirikan Kalla Aspal yang menjadi Perusahaan Agen Aspal Curah dari