Dinsos: Warga Miskin di Kota Makassar Capai Angka 80 Ribu

Dinsos Makassar
Dinas Sosial Makassar

Terkini.id, Makassar – Kepala Dinas Sosial Kota Makassar Akhmad Namsum telah mengidentifikasi nama dan alamat calon penerima bantuan sosial, baik rumah tangga, keluarga maupun individu berdasarkan pada kriteria-kriteria sosial-ekonomi melalui Basis Data Terpadu.

Dia memaparkan jumlah warga miskin berdasarkan Basis Data Terpadu berada pada angka 80 ribu. Kendati demikian, tak semua bisa mendapatkan bantuan lantaran kemampuan negara yang terbatas.

“Bantuan yang bisa diberikan oleh negara itu kurang lebih 21 ribu, hal itu berdasarkan klasifikasi, tentu 10 persen yang paling terbawah itu yang menjadi penerima,” kata dia kepada terkini.id, Jumat, 12 Juli 2019.

Basis Data Terpadu dapat digunakan bagi instansi pemerintah, lembaga penelitian, lembaga swadaya masyarakat untuk melakukan analisis tentang indikator sosial ekonomi bagi masyarakat dengan kondisi sosial-ekonomi terendah.

Bagi perencana program Pemerintah (Pusat maupun Daerah), indikator tersebut dapat digunakan untuk merancang program penanggulangan kemiskinan yang relevan.

Akhmad: 80 ribu warga miskin terdata dapat bantuan

Lebih lanjut, Akhmad menyatakan, seyogyanya 80 ribu warga yang terdata mendapatkan bantuan lantaran mereka perlu dibantu.

“Tetapi ada standar perengkingan, standar paling bawah. Siapa yang paling sangat miskin kemudian akan terpotong pada jatah, sesuai kemampuan negara,” tutupnya.

Berita Terkait