Ditangkap Saat Sidang, Pengacara Habib Rizieq: Saya Tuntut Nanti Kalian

Terkini.id, Jakarta – Seorang wanita mengaku Pengacara Habib Rizieq Shihab (HRS) bernama Kurnia ditangkap aparat di depan Pengadilan Negeri Jakarta Timur saat sidang vonis terhadap eks pentolan FPI itu tengah berlangsung.

Penangkapan terhadap pengacara Habib Rizieq itu dibenarkan kuasa hukum HRS lainnya, Sugito Atmo Pawiro.

Menurut Sugito, Kurnia ditangkap saat sejumlah massa pendukung Rizieq memadati area luar gedung PN Jakarta Timur kala sidang putusan vonis terkait kasus tes usap RS Ummi Bogor tengah berlangsung di ruang sidang.

Baca Juga: Ketum MUI Minta McDanny Tetap Diproses Hukum: Biar Jadi Pelajaran

“Iya, jadi Ibu Kurnia pagi-pagi di pengadilan nggak tahu ada apa tiba-tiba ditangkap saja. Pada sidang putusan RS Ummi memang sangat ketat. Ketat sekali. Kita juga keluar setelah persidangan mutar-mutar sampai nyasar-nyasar naik motor. Jadi semuanya yang beraktivitas di depan pengadilan siapa pun itu, bahkan yang jauh pun ikut ditangkap juga,” kata Sugito Atmo Pawiro, Kamis 24 Juni 2021 seperti dikutip dari Detik.com.

Ia pun tak tahu alasan mengapa aparat keamanan menangkap Kurnia saat hendak masuk ruang sidang mengikuti sidang Habib Rizieq.

Baca Juga: Video Komika McDanny yang Diduga Hina Habis Rizieq Shihab Viral,...

“Penyebabnya tidak tahu, yang jelas itu di depan pengadilan negeri dekat flyover sampai ujung PN Jaktim itu disterilkan. Jadi mungkin dia melakukan aktivitas apa, padahal dia pengacara, dia mau ikut sidang Habib Rizieq, tapi nggak tahu tiba-tiba ditangkap dan ini sekarang prosesnya lagi ada yang urus di Polres Jakarta Timur,” ungkap Sugito.

Adapun cuplikan video yang memperlihatkan momen diduga pengacara Habib Rizieq, Kurnia dihalang-halangi aparat masuk ke ruang sidang dibagikan pengguna Twitter SaveMoslem1.

Dalam video itu, tampak seorang wanita diduga Kurnia tak diizinkan masuk ke dalam Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Baca Juga: Video Komika McDanny yang Diduga Hina Habis Rizieq Shihab Viral,...

Wanita yang mengenakan jilbab hitam tersebut terlihat saling dorong mendorong dengan aparat keamanan.

Sambil teriak ke aparat keamanan, ia pun mengaku sebagai kuasa hukum terdakwa Habib Rizieq Shihab.

“Cukup jangan dorong-dorong. Saya ini kuasa hukum. Sudah jangan didorong lagi mau kemana didorong lagi. Saya tuntut nanti kalian ya. Saya pengacara saya mau bersidang membela klien saya Habib Muhammad Rizieq Shihab bin Husein Shihab. Entah siapa kalian sebenarnya,” teriaknya.

Sementara itu, Kapolsek Cakung Kompol Satria mengaku tidak tahu ada pengacara Rizieq Shihab yang ditangkap. Namun, ia membenarkan adanya seorang wanita bernama Kurnia yang diamankan pihaknya.

“Kurnia, kalau nama itu tidak ada dalam daftar nama kuasa hukumnya dari Bapak Habib Rizieq, tapi kalau mungkin Ibu Kurnia ditahan mungkin ada, tapi saya nggak tahu,” ujar Satria.

Menurutnya, selama ini memang banyak pihak yang mengaku sebagai pengacara Habib Rizieq demi bisa masuk ke ruang sidang.

“Bukan (pengacara HRS), karena memang banyak yang mengaku kuasa hukumnya Habib Rizieq, tapi selama ini saya selalu ditunjukkan siapa saja namanya karena memang mereka yang berhak untuk mendampingi di sidang,” ujarnya.

Bagikan