Masuk

Dokter Tifa: Adonan Covid, Vaksin, Monkeypox Akan Menghasilkan AIDS

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Dokter Tifa memberikan pendapatnya terkait penetapan Monkeypox alias Cacar Monyet sebagai Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) atau kondisi kedaruratan kesehatan masyarakat

Menurut Dokter Tifa, kombinasi antara Covid-19, vaksin serta Cacar Monyet akan menghasilkan penyakit AIDS.

Bahkan Dokter Tifa memprediksi bahwa AIDS yang terjadi akibat gabungan tiga unsur tersebut dampaknya akan lebih parah dibanding AIDS yang bersumber dari virus HIV.

Baca Juga: China Melaporkan Rekor Harian Baru Kasus COVID, Pembatasan Diperketat di Seluruh Negara

“Monkey Pox yang mereka pilih jadi the Next PANDEMIC. Adonan COVID + Vaksin + Monkey Pox akan menghasilkan,” ujar Dokter Tifa, dikutip dari Twitter @DokterTifa, Minggu 24 Juli 2022.

“Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS) yang menjadi Masalah Kesehatan luas di 2023. AIDS jenis ini bahkan lebih cepat membunuh dibandingkan AIDS karena HIV,” lanjut Dokter Tifa.

Cuitan Dokter Tifa Soal Cacar Monyet (Twitter @DokterTifa)

Sebagai informasi, Badan Kesehatan Dunia secara resmi mengumumkan bahwa penyakit Cacar Monyet untuk saat ini berstatus sebagai kondisi kedaruratan kesehatan masyarakat secara global.

Baca Juga: Adu Jotos HIPMI, Dokter Tifa: Negara Ini Masuk Tahap C5

Tedros Adhanom Ghebreyesus selaku Sekretaris Jenderal WHO berpendapat bahwa wabah Cacar Monyet harus menjadi perhatian dunia internasional.

“Saya telah memutuskan bahwa wabah #monkeypox global merupakan keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional,” ucap Tedros Adhanom Ghebreyesus, dikutip dari detikcom, Minggu 24 Juli 2022.

Dilansir dari bbcindonesia.com, Cacar Monyet disebabkan oleh virus cacar monyet, anggota genus Orthopoxvirus dalam famili Poxviridae.

Cacar monyet merupakan penyakit zoonosis (dapat ditularkan hewan ke manusia) serta biasanya terjadi di daerah hutan hujan tropis Afrika Tengah dan wilayah barat, serta kadang-kadang dibawa ke daerah lain. 

Baca Juga: Dokter Tifa Sebut Sedang Jaga Jarak Dengan Anies Baswedan

Ada dua jenis virus utama, yang berasal dari Afrika Barat dan Afrika Tengah. Gejala ketika seseorang tertular Cacar Monyet yaitu demam, sakit kepala, pembengkakan anggota tubuh, sakit punggung, nyeri otot, kelesuan.

Berdasarkan keterangan yang terdapat pada situs website Kemenkes, hingga saat ini belum terdapat kasus seseorang yang tertular oleh Cacar Monyet.

Pemerintah sendiri diketahui sudah menyiapkan dua laboratorium untuk mendeteksi masuknya Cacar Monyet di Indonesia.

Laboratorium tersebut adalah Lab Pusat Studi Satwa Primata LPPM IPB Bogor, dan Laboratorium Penelitian Penyakit Infeksi Prof. Sri Oemiyati, BKPK, Jakarta.