Masuk

Dokter Tifa Singgung Apdesi Dukung 3 Periode: Nggak Ada Rasa Malu di Hati Apa ya?

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Dokter Tifauzia Tyasumma atau akrab disapa Dokter Tifa menyinggung soal ribuan Kades yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) yang memberikan dukungan terhadap Presiden Joko Widodo melanjutkan jabatannya hingga tiga periode.

Dokter Tifa mempertanyakan kebenaran dari dukungan Apdesi untuk Jokowi melanjutkan hingga tiga periode karena ketua Apdesi yang sah membantah pihaknya memberikan dukungan tiga periode untuk Jokowi. Dokter Tifa mengatakan seharusnya ada rasa malu yang terbesit dengan adanya perbedaan ketua Apdesi yang datang ke Istora beberapa waktu lalu.

Narasi Sindiran Dokter Tifa dipublikasikan melalui sebiah cuitan di media sosial Twitter, sebagaimana dilihat pada, Kamis 31 Maret 2022.

Baca Juga: Heboh, Pernyataan Jokowi Seputar Pemimpin Rambut Putih, Denny Siregar: Bukan Ganjar, Bapak Rambutnya Hitam

Menurut Dokter Tifa, ada kejanggalan dalam deklarasi itu karena ketua Apdesi yang sah membantah pihaknya memberikan dukungan tiga periode terhadap Jokowi, sementara Ketua Apdesi yang hadir di Istora, Senayan yakni Surtawijaya mengatakan akan deklarasi tiga periode untuk Jokowi.

“Jadi dukungan Kades se Indonesia ini betulan atau bohongan? Kenapa ketua Apdesi yang datang beda dengan Ketua Apdesi yang Asli? Sampai kapan kebohongan demi kebohongan ini sih? Ngga ada rasa malu di hati apa ya?”, cuit Dokter Tifa.

Screenshot cuitan Dokter Tifa (Twitter).

Sebelumnya, ramai diberitakan tentang Apdesi yang memberikan dukungan kepada Jokowi untuk memperpanjang masa jabatannya hingga tiga periode.

Baca Juga: Adu Jotos HIPMI, Dokter Tifa: Negara Ini Masuk Tahap C5

Ketua Apdesi, Surtawijaya mengatakan jika pihaknya rela memberikan dukungan terhadap presiden Jokowi karena telah mengabulkan apa yang mereka inginkan.

“Apa yang kita inginkan beliau kabulkan. Sekarang kita punya timbal balik, beliau peduli sama kita. Teman-teman sepakat tadi, 3 periode, lanjutkan”, kata Surtawijaya.

Secara terpisah, ketua Umum DPP Apdesi, Arifin Abdul Majid mengungkapkan kebertannya terkat adanya sekelompok orang yang mengatasnamakan Apdesi dan menggelar Silaturahmi Nasional (Silatnas) di Istora, Senayan, Selasa 29 Maret 2022 lalu. Terlebih dalam Silatnas itu kental dengan nuansa politik.

Menurut Arifin, saat ini Apdesi yang ada di Indonesia dan diakui Kemenkumham hanya Apdesi yang dipimpin olehnya. Bahkan Apdesi yang dipimpinnya telah mendapat SK Kemenkumham RI nomor AHU.0001295-AH.01.08 tahun 2021.

Baca Juga: Dewan Pers Minta Presiden Jokowi Tunda Pengesahan RKUHP

“Kegiatan kemarin sah-sah saja orang untuk berkumpul berserikat mengeluarkan pendapat maupun lisan dan tertulis itu sah-sah saja, tetapi yang membawa nama Apdesi itu kami merasa keberata”, kata Arifin, dikutip dari laman Viva.co.id.

Arifin menyampaikan beberapa poin keberatannya yakni Apdesi tidak semestinya masuk ke ranah politik dan kedua dalam Silatnas yang mengatasnamakan Apdesi Menyuarakan 3 periode tidak sesuai dengan undang-undang.

“Di Apdesi, di kami ada AD ART itu tentang Apdesi itu harus independent, tidak boleh ikut ke dalam ranah politik. Oleh karena itu pada kesempatana ini kami menyatakan merasa keberatan nama Apdesi dicantumkan mendukung presiden 3 periode”, tandasnya.